Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Penentuan Kadar Lemak Dalam Mie Produk Indofood

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Minyak daun cengkeh diperoleh dengan cara destilasi uap dari daun pohon cengkeh yang telah gugur Eeugenia caryophllata Tumberg (Caryophillus aromaticus L). Hasil utama pohon cengkeh adalah bunga cengkeh yang mengandung minyak atsiri dengan kualitas yang lebih bagus bila dibandingkan dari daunnya tetapi harganya sangat mahal. Pohon cengkeh kemungkinan berasal dari Maluku (Sastrohamidjojo, 2004).
Di dalam perdagangan internasional, masing-masing minyak atsiri mempunyai nama dagang yang berbeda-beda sesuai dengan bagian tanaman yang menghasilkannya. Misalnya minyak atsiri pada cengkeh dapat diperoleh dari bagian kuntum bunga, tangkai bunga, dan daun. Nama dagang untuk minyak atsiri yang berasal dari kumtum bunga cengkeh disebut clove oil, minyak tangkai bunga clove stem oil , dan minyak daun cengkeh clove leaf oil. Demikian pula dengan minyak dari tanaman lain (Lutony dan Rahmayati, 2002).
Minyak atsiri yang dihasilkan dari tanaman aromatik merupakan komuditas ekspor nonmigas yang dibutuhkan diberbagai industri seperti industri parfum, kosmetika, farmasi/obat-obatan, seperti industri makanan dan minuman. Dalam dunia perdagangan, komoditas ini dipandang memiliki peran strategis dalam menghasilkan produk primer maupun sekunder, baik untuk kebutuhan domestik maupun ekspor (Rochim Armando, 2009). Universitas Sumatera Utara
Menyadari akan hal ini, bahwa minyak atsiri sangat banyak gunanya bagi kehidupan kita, maka perlu dilakukan uji penetapan kadar pada miyak atsiri tersebut untuk digunakan dalam berbagai kagiatan industri. Pada penelitian untuk tugas akhir ini paneliti melakukan Penentuan Karakteristik Minyak Cengkeh di laboratorium miyak atsiri Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Medan.
1.2. TUJUAN DAN MANFAAT
1.2.1. Tujuan
Untuk mengetahui karakteristik dari minyak atsiri dengan penentuan kadar Eugenol dan kelarutan dalam Etanol dan penentuan apakah memenuhi Persyaratan Standard Nasional Indonesia.
1.2.2. Manfaat
Manfaat yang diperoleh dengan mengetahui karakteristik dari minyak atsiri dengan penentuan kadar Eugenol dan kelarutan dalam Etanol yaitu untuk mengetahui Mutu dari minyak Cengkeh tersebut.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi