Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara tentang Pentingnya Serat untuk Mencegah Konstipasi Tahun 2009

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pertimbangan akan tingginya prevalensi konstipasi di Indonesia. Prevalensi konstipasi di Indonesia sungguh memprihatinkan. Berdasarkan data yang diperoleh dari International US Census Bereau pada tahun 2003, terdapat sebanyak 3.857.327 jiwa yang mengalami konstipasi.
Angka konsumsi serat sangat tidak memuaskan. Hasil penelitian Puslitbang Gizi Depkes RI tahun 2001 menyatakan bahwa penduduk Indonesia hanya mengkonsumsi serat sebanyak 10,5 gram per hari. Sementara menurut DRI, konsumsi serat untuk wanita dewasa yang direkomendasikan adalah 25 gram per hari dan 38 gram per hari untuk pria dewasa.
Walaupun serat tidak mengandung makronutrien dan mikronutrien tapi serat bermanfaat untuk kesehatan. Serat menurunkan resiko terjadinya konstipasi dengan merangsang peristaltic usus.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) mengenai serat. Penelitian ini dilakukan di USU, Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sebelum membagikan kuesioner, kuesioner tersebut terlebih dahulu divalidasi oleh ahli yang bersangkutan, Departemen Gizi. Setelah data dikumpulkan, data tersebut dianalisis dengan mengunakan SPSS 15.0, yang ditampilkan dalam bentuk distribusi frekwensi.
Pada tingkat ketepatan relatif (d) 10%, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pengetahuan mahasiswa mengenai serat dapat dikategorikan tingkat pengetahuan baik. Terdapat 58,7% mahasiswa dengan tingkat pengetahuan baik, 40,2% mahasiswa dengan tingkat pengetahuan sedang, dan 1,1% mahasiswa dengan tingkat pengetahuan kurang. Pengetahuan serat untuk mencegah konstipasi pada mahasiswa FK USU sebesar 75,8% dan dikategorikan tingkat pengetahuan baik.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih di bidang pendidikan, khususnya Departemen Gizi. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar, sehingga pengetahuan mahasiswa mengenai serat dapat ditingkatkan lagi.File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi