Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Kader Posyandu Dalam Usaha Perbaikan Gizi Keluarga di Puskesmas Langsa Baro Kecamatan Langsa Baro Kota Lan

ABSTRAK
Keberadaan kader dianggap penting dan mempunyai peran besar dalam penyampaian informasi kesehatan kepada masyarakat. Namun keberadaan kader relatif labil karena partisipasinya bersifat sukarela sehingga tidak ada jaminan bahwa para kader akan tetap menjalankan fungsinya dengan baik seperti yang diharapkan. Maka penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan kader posyandu dalam usaha perbaikan gizi keluarga di Puskesmas Langsa Baro Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa Tahun 2010.
Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kader posyandu di Puskesmas Langsa Baro Kota Langsa dengan jumlah kader 160 orang. Sampel yang diambil sejumlah 61 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Data yang diperoleh dalam penelitian di analisa dengan uji linier regresi berganda dengan α 0,05.
Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan faktor pengetahuan memiliki hubungan yang signifikan terhadap keaktifan kader dengan nilai p value = 0,03 (p > α 0,05). Sedangkan delapan variabel yang lainnya (usia, status perkawinan, pekerjaan, pendidikan, pelatihan dan pembinaan, kelengkapan infrastruktur, dukungan instansi terkait, penghargaan dan insentif) tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap keaktifan kader dalam kegiatan UPGK di Puskesmas Langsa Baro Kota Langsa tahun 2010, dimana nilai p value < α. Disarankan kepada Kepala Dinas Kesehatan mengusulkan kepada Walikota untuk melibatkan tokoh muspida dan muspika maupun perangkat desa untuk melakukan promosi dalam kegiatan UPGK, khususnya untuk memotifasi kader dan membangun kesadaran masyarakat agar lebih memahami pentingnya UPGK. Kepada Kepala Puskesmas hendaknya mengadakan pelatihan, supervisi dan evaluasi kegiatan secara berkala sehingga mampu memotivasi kader untuk mengajak masyarakat berperan aktif dalam kegiatan UPGK.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi