Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Perilaku Ibu Pemulung Dalam Higiene Perseorangan Di Lingkungan II Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat Tahun 2008

ABSTRAK
Pemulung merupakan pekerjaan sektor informal yang sering dijumpai di perkotaan. Aktivitas pemulung tidak terlepas dari keadaan yang bersentuhan langsung dengan sampah. Kegiatan memulung yang memiliki banyak resiko dan bahaya kesehatan tersebut membutuhkan perhatian khusus, terlebih mengenai higiene perseorangan pemulung. Keadaan higiene perseorangan seseorang menunjukkan bagaimana derajat kesehatannya. Oleh karena higiene perseorangan merupakan tindakan mendasar individu dalam memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikisnya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan metode wawancara mendalam (indept interview) untuk menggali perilaku ibu pemulung dalam higiene perseorangan di Lingkungan II Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat Tahun 2008. Informan dalam penelitian yaitu ibu pemulung yang bertempat tinggal di sepanjang rel kereta api yang melintasi Lingkungan II Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat sebanyak 7 orang informan. Analisa data dilakukan dengan menggunakan EZ-TEXT dan disajikan dalam bentuk matriks dan dianalisis secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan informan dalam higiene perseorangan masih kurang, dimana seluruh informan tidak dapat memberikan penjelasan tentang pengertian higiene perseorangan, hal-hal yang termasuk di dalam higiene perseorangan (kebersihan kulit, kebersihan rambut, kesehatan gigi, kesehatan mata, kebersihan telinga, dan kebersihan tangan, kaki, dan kuku), mengenai ketersediaan air bersih, kesehatan rumah, dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Pengetahuan informan masih kurang oleh karena tidak adanya motif informan dalam higiene perseorangan dan tidak adanya faktor-faktor pendukung (enabling factors), yang terwujud dalam lingkungan fisik, tersedia atau tidak tersedianya fasilitas-fasilitas atau sarana-sarana kesehatan.
Sikap informan dalam higiene perseorangan yaitu setuju untuk melakukan higiene perseorangan namun informan memiliki tingkah laku tergantung (matched dependent behavior). Tindakan informan dalam higiene perseorangan masih kurang, dimana seluruh informan belum melaksanakan higiene perseorangan, tidak menggunakan air bersih, keadaan rumah tinggal informan yang tidak sehat, dan tidak menggunakan APD pada saat memulung. Tindakan yang masih kurang disebabkan oleh karena pengetahuan informan yang masih kurang dan sikap informan yang masih tergantung (matched dependent behavior). Tindakan informan tersebut merupakan tindakan yang dipengaruhi ketersediaan sumber-sumber daya (resources). Sumber daya disini mencakup fasilitas, uang, waktu, tenaga, dan sebagainya.File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi