Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Kejadian Tuberkulosis Pada Anggota Keluarga Yang Tinggal Serumah Dengan Penderita TB Paru BTA Positif

A B S T R A K
Objektif : Untuk melihat frekuensi infeksi TB pada anggota keluarga yang tinggal serumah dengan penderita TB paru BTA positif.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif potong lintang (cross-sectinal descriptive) dengan populasi berasal dari seluruh anggota keluarga yang tinggal serumah dengan penderita TB paru BTA positif yang berobat di Poliklinik Paru Rumah Sakit Adam Malik dan Dokter praktesk Swasta berfasilitas DOTS di Kota Medan.
Hasil : Dari total 82 orang anggota keluarga yang tinggal serumah dengan 24 penderita TB paru BTA positif yang berobat di Poliklinik Paru Rumah Sakit Adam Malik dan Dokter praktesk Swasta berfasilitas DOTS, anggota keluarga yang tinggal serumah dengan penderita yang tidak menimbulkan gejala sebanyak 68 orang (82,9%), sedangkan yang mengalami gejala batuk sebanyak 12 orang (14,6%), dan anggota keluarga yang mengalami penurunan berat badan sebanyak 2 orang (2,4%). Pada pemeriksaan BTA sputum anggota keluarga menunjukkan hasil yang negatif yaitu 78 orang (95,1%), sedangkan 4 orang (4,9%) lagi tidak dilakukan pemeriksaan BTA sputum karena masih anak-anak dan tidak bisa mengeluarkan dahak apabila disuruh batuk. Pada foto toraks yang dilakukan pada 4 orang (4,9%) subjek, 3 orang (3,7%) diantaranya tidak menunjukkan kelainan sedangkan 1 orang (1,2%) menunjukkan gambaran foto toraks dengan lesi luas. Distribusi berdasarkan tes tuberkulin anggota keluarga, dari 6 subjek yang dilakukan tes tuberkulin, 5 orang menunjukkan hasil baca mantoux yang lebih dari 10 mm. Namun pada 4 anak di bawah 5 tahun didapati 3 anak (75% balita) dengan hasil diameter lebih dari 10 mm.
Universitas Sumatera Utara
Kesimpulan : Walaupun anggota keluarga tinggal serumah dengan penderita TB paru BTA positif, tetapi untuk menjadi sakit tidaklah mudah. Terutama pada orang dewasa yang dilakukan pemeriksaan pewarnaan langsung sputum BTA, sebanyak 78 orang yang diperiksa tidak dijumpai BTA. Namun pada anak bawah lima tahun didapati 3 dari 4 anak yang menunjukkan hasil baca tes tuberkulin dengan diameter lebih dari 10 mm.
Kata kunci : TB, tuberkulosis, anggota keluarga, BTA.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi