Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

110. Membangun Aplikasi Layangan Pengiriman E-mail to SMS dan SMS to E-mail berbasis SMS Gateway


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Pada era informasi yang kita alami saat ini bermacam sarana telekomunikasi berkembang dengan sangat pesat dan dengan mudah kita dapatkan baik itu dari telepon kabel, telepon seluler hingga satelit berkembang dengan sangat pesatnya sehingga kita dengan mudah bisa menikmatinya, perkembangan teknologi telekomunikasi yang ditandai dengan kehadiran sejumlah piranti komunikasi mutakhir dimana setiap orang dapat mengolah memproduksi serta mengirimkan ataupun menerima segala bentuk pesan komunikasi dimana saja dan kapan saja seolah-olah tanpa mengenal batasan ruang dan waktu.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat ini sangat berpengaruh langsung terhadap kehidupan umat manusia adalah internet dan telepon seluler, internet memberikan kemudahan dalam mengakses informasi yang sangat berharga dan sangat murah yang tidak bergantung pada lokasi dimanapun menghubungkan jarak yang begitu jauh untuk berkomunikasi, perkembangan teknologi selalu mempunyai peranan yang sangat tinggi dan ikut memberikan arah perkembangan kepada dunia multimedia, pendidikan, hiburan dan lain-lain.

Teknologi informasi adalah bagian dari media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pada banyak orang. Kemajuan teknologi yang sangat pesat mengubah gaya hidup manusia menjadi serba mudah dan praktis. Teknologi telepon seluler yang dapat memudahkan seseorang berkomunikasi dengan orang lain dimanapun berada, Salah satu fasilitas dari telepon seluler yang banyak dipakai saat ini adalah SMS. Hal tersebut dimungkinkan karena berbagai keunggulan dan manfaat yang dimilikinya, diantaranya adalah keunggulan dari segi biaya dan kemudahan penggunaannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Perkembangan teknologi telekomunikasi memungkinkan orang mengirim dan menerima informasi dari segala penjuru dunia.melalui jaringan internet segala informasi dapat diperoleh dengan mudah. Salah satu teknologi yang paling sering digunakan yaitu pengiriman surat elektronik (e-mail) yang memungkinkan seseorang mengirim data dari tempat yang jauh dan tidak memakan waktu yang sangat lama serta biaya yang relative murah, tidak seperti pengiriman surat dari pos yang dapat memakan waktu berhari-hari dan biaya pengiriman yang mahal.

Berdasarkan uraian diatas penyusun mengambil tugas akhir dengan judul ”Membangun Aplikasi Layangan Pengiriman E-mail to SMS dan SMS to E-mail berbasis SMS Gateway”

1.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian diatas maka penulis mengidentifikasikan permasalahan diatas yaitu :
1. Bagaimana membangun aplikasi layanan pengiriman e-mail melalui sms
2. Bagaimana membangun aplikasi layanan penerimaaan e-mail melalui sms
3. Bagaimana Aplikasi yang dibuat dapat menekan biaya pengiriman e-mail ataupun sms
4. Bagaimana membangun Aplikasi yang dapat mempermudah pengguna dalam melakukan komunikasi data dimanapun.
1.3. Maksud dan Tujuan
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis bermaksud membangun aplikasi layanan pengiriman e-mail to SMS dan SMS to e-mail berbasis SMS Gateway.
Adapun tujuan dari dibangunnya aplikasi ini adalah sebagai berikut :
1. Aplikasi yang akan dibuat dapat memudahkan penerimaan dan pengiriman e-mail.
2. Aplikasi yang akan dibuat dapat mengurangi waktu dalam mengirim dan menerima e-mail.
3. Aplikasi yang akan dibuat dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan dalam mengirim dan menerima e-mail dengan Telepon Seluler.
1.4. Batasan Masalah
Agar pembahasan yang dilakukan lebih terarah, maka perlu ditentukan batas permasalahan. Adapun batasan masalahnya adalah:
1. Aplikasi yang dibangun dapat mengirim e-mail menggunakan telepon seluler dengan teknologi SMS.
2. Aplikasi yang dibangun dapat menerima e-mail pada telepon seluler dalam bentuk SMS.
3. Aplikasi yang dibangun berbasis SMS Gateway
4. Aplikasi yang dibangun menggunakan AT Command
5. Protokol yang digunakan untuk menggunakan fungsi email pada aplikasi ini adalah:
a. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
b. POP3 (Post Office Protocol)
6. Perangkat lunak yang digunakan untuk membangun Aplikasi ini adalah Microsoft Visual Basic.NET
7. Perangkat keras yang digunakan untuk melakukan koneksi antara handphone dan Komputer menggunakan kabel data DCU-11
8. Pengguna yang dapat menggunakan aplikasi ini diasumsikan sebagai pengguna yang sudah terdaftar.
9. Pengguna yang menggunakan aplikasi ini didaftarkan oleh Operator Aplikasi.

1.5. Metodologi Penelitian
Metodologi yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :
1.5.1 Tahap Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Studi Literatur.
Pengumpulan data dengan cara mengumpulkan literatur, jurnal, paper dan bacaan-bacaan yang ada kaitannya dengan judul penelitian.
b. Observasi.
Teknik pengumpulan data dengan mengadakan penelitian dan peninjauan langsung terhadap permasalahan yang diambil.
c. Interview.
Teknik pengumpulan data dengan mengadakan tanya jawab secara langsung yang ada kaitannya dengan topik yang diambil.
1.5.2. Tahap Pembuatan Perangkat Lunak.
Teknik analisis data dalam pembuatan perangkat lunak menggunakan paradigma perangkat lunak secara waterfall, yang meliputi beberapa proses diantaranya:
a. System / Information Engineering
Merupakan bagian dari sistem yang terbesar dalam pengerjaan suatu proyek, dimulai dengan menetapkan berbagai kebutuhan dari semua elemen yang diperlukan sistem dan mengalokasikannya kedalam pembentukan perangkat lunak.
b. Analisis
Merupakan tahap menganalisis hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek pembuatan perangkat lunak.
c. Design
Tahap penerjemahan dari data yang dianalisis kedalam bentuk yang mudah dimengerti oleh user.
d. Coding
Tahap penerjemahan data atau pemecahan masalah yang telah dirancang keadalam bahasa pemrograman tertentu.
e. Pengujian
Merupakan tahap pengujian terhadap perangkat lunak yang dibangun.
f. Maintenance
Tahap akhir dimana suatu perangkat lunak yang sudah selesai dapat mengalami perubahan–perubahan atau penambahan sesuai dengan permintaan user.

Gambar 1.1 Diagram WaterFall
1.5.3. Diagram Alir Penelitian
Diagram alir penenlitian berfungsi untuk memberikan panduan dalam melaksanakan proses penelitian,maka penulis membuat suatu diagram alir yang akan digambarkan sebagai berikut :

Gambar 1.2 Diagram Alir Penelitian Aplikasi layanan pengiriman SMS to mail dan mail to SMS

1.6. Sistematika Penulisan
Pada penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Menguraikan tentang latar belakang permasalahan, mencoba merumuskan inti permasalahan yang dihadapi, menentukan tujuan dan kegunaan penelitian, yang kemudian diikuti dengan pembatasan masalah, asumsi,metodelogi penelitian serta sistematika penulisan.

BAB II. LANDASAN TEORI
Membahas berbagai konsep dasar dan teori-teori yang berkaitan dengan topik penelitian yang dilakukan dan hal-hal yang berguna dalam proses analisis permasalahan serta tinjauan terhadap penelitian-penelitian serupa yang telah pernah dilakukan sebelumnya termasuk sintesisnya.

BAB III. ANALISIS DAN PERANCANGAN
Menganalisis masalah yang akan dibahas serta merancang aplikasi yang akan dibangun.

BAB IV. IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
Membahas mengenai teknik teknik yang digunakan dan mengimplementasikan aplikasi yang telah dibuat ke perangkat (device) yang akan digunakan
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi kesimpulan dan saran yang sudah diperoleh dari hasil penulisan Tugas Akhir.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi