Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

120. Pengembangan Sistem Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCPIP pada manajemen jaringan


BAB I
PENDAHULUAN


1. Latar Belakang

Di era Millenium baru yang telah kita masuki pada saat ini tentunya sejalan dengan terus berkembangnya pembangunan yang semakin memperbaiki dan melengkapi kekurangan – kekurangan yang selalu nampak pada setiap perkembangan informasi yang dilaksanakan oleh pemerintah ataupun oleh perusahaan-perusahaan swasta.
Berdasarkan hal tersebut tentunya segala aspek kehidupan menjadi pertimbangan tersendiri atas berjalannya kemajuan yang mungkin hanya beberapa pihak atau organisasi tertentu yang memandang perlu mengikutsertakan perkembangan teknologi khususnya pada teknologi komputerisasi yang semakin hari semakin meningkat sejalan dengan kebutuhan pasar yang terus menuntut keefektifan, kemudahan, kecepatan sampai dengan keringanan pembiayaan untuk mendapatkan hasil dan kepuasan yang diinginkan.
Melihat dari begitu pesatnya dunia teknologi khususnya dibidang komputerisasi maka sudah selayaknya hal ini menjadi satu dari sekian alternatif untuk mendapatkan kemudahan yang ditawarkan diatas dalam menunjang pembangunan yang tentunya dipengaruhi oleh teknologi komputer. Semakin kedepan maka semakin baik dan kemudahan yang selalu ditawarkan teknologi ini sehingga semakin dicari serta dibutuhkan oleh para pengguna teknologi informasi ini.

Abad 21 dikenal dengan abad informasi dimulai dengan ditemukannya mesin pintar, yaitu komputer yang makin lama berkembang makin canggih sampai dengan lahirnya perpaduan kreatif antara teknologi komputer dengan telpon, yang populer dengan istilah kawin agung antara komputer dengan telpon.
Saat ini, alih data secara cepat dan akurat menjadi kebutuhan yang mendesak. Hampir setiap orang, atau perusahaan membutuhkan alih informasi untuk mendukung usahanya. Suatu perusahaan mungkin menginginkan bisa memperoleh data dari lapangan secara otomatis. Baik secara real-time maupun tidak. Tentu akan menjadi tidak efesien jika setiap kali ingin melihat atau memperoleh data karyawan harus datang ketempat alat tersebut berada (yang letaknya terpisah dengan kantor pusat). Begitu juga dalam mengendalikan alat, akan sangat meningkatkan efesiensi waktu, tenaga dan biaya jika alat tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh. Komunikasi data melalui jaringan komputer menjadi alternatif yang paling baik, karena memungkinkan alih informasi secara cepat dan akurat.

Dengan perpaduan teknologi ini kita dimungkinkan untuk mengirim dan menerima data sekaligus mengolahnya tanpa dibatasi oleh jarak, dimana saja dan kapan saja sepanjang ditempat tersebut ada fasilitas telpon, hal inilah yang mendasari beberapa perusahaan ataupun instansi pemerintah dalam melaksanakan konsep kerja jarak jauh.

Pada pembahasan tersebut diatas, kita akan menspesifikasikan Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP, hal tersebut didasari dengan diberikannya kemudahan kepada seorang Administrator pada sebuah perusahaan dalam melaksanakan fungsinya, baik itu sebagai backup operator, auto shut down operator ataupun pengiriman data dan pesan dan lain sebagainya, dan yang terpenting adalah sebagai kendali pada manajemen suatu jaringan.



2. Rumusan Permasalahan

Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP, ini merupakan suatu sistem yang bisa digunakan dalam pengendalian suatu manajemen Jaringan, dimana Administrator dapat dengan mudah mengendalikan dan mengontrol user, aktifitas user serta memberikan kemudahan dalam proses backup data Client atau aktifitas yang lainnya.
Oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang mampu melakukan hal tersebut agar si pengguna dan pengelola dapat menikmati fasilitas yang tersedia tersebut secara baik dan terkomputerisasi.


3. Maksud dan Tujuan

Pengembangan Sistem Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP pada manajemen jaringan, memiliki beberapa tujuan, antara lain :

a. Untuk memberikan suatu alternatif sistem pengendalian dan manajemen jaringan dengan menggunakan protokol yang bersifat fleksibel.
b. Memberikan kemudahan pada Administrator jaringan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menangani manajemen jaringan.
c. Sebagai latihan untuk dijadikan titik pandang seberapa jauh pengertian – pengertian yang telah didapat dan menerima pemikiran - pemikiran tentang komputer semenjak awal kuliah hingga tulisan ini dibuat.
d. Disamping itu akan dicoba menjadikan tulisan ini sebagai bahan penulisan ilmiah agar dapat dikembangkan lagi pada karya – karya ilmiah selanjutnya.
e. Sebagai tujuan jangka panjang, agar sistem ini dapat dikembangkan lebih lanjut, sehingga kehandalan serta unjuk kerja dari sistem ini lebih baik.

4. Ruang Lingkup Masalah

Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP ini cukup kompleks dengan algoritma. Pada pengembangannya program dibatasi pada beberapa permasalahan, antara lain :
a. Sistem pengendalian dan manajemen jaringan yang dioperasikan pada jaringan lokal.
b. Kemudahan sistem yang digunakan dengan memanfaatkan protokol yang berfungsi sefleksibel mungkin.
c. Memberikan suatu alternatif, yaitu mencoba memberikan kemudahan bagi seorang Administrator jaringan dalam mengontrol dan mengendalikan jaringan komputer.


5. Metode Penelitian

Pengembangan sistem Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP dikembangkan dalam beberapa tahap pengembangan, antara lain :

a. Identifikasi Masalah

Dengan memahami permasalahan yang sering timbul pada manajemen jaringan dengan pendekatan Akuisisisi Data dan Sistem Pengendalian Jaringan dengan menggunakan protokol TCP/IP, selanjutnya dilakukan analisa dengan mengumpulkan beberapa pengetahuan yang berkaitan dengan permasalahan.


b. Penentuan penggunaan Solusi
Dengan didasari pengetahuan tentang permasalahan yang timbul kemudian ditentukan solusi manakah yang baik untuk dipergunakan.

c. Pemilihan Teknik Inferensi Pengetahuan
Membentuk algoritma berdasarkan solusi dari permasalahan yang dihadapi sehingga penyelesaian masalah dapat dipilah-pilah berdasarkan permasalahannya.

d. Implementasi Permasalahan
Dimulainya proses pengembangan sistem dengan penulisan kode-kode program beserta rancangan dialog bagi pemakai sistem, sehingga program dapat digunakan sebagaimana mestinya.

e. Pengujian Program
Sistem diimplementasikan secara langsung dengan menyertakan beberapa contoh kasus dalam menguji keberhasilan program dalam mencapai hasil akhir yang diharapkan.


6. Sistematika Penulisan
Untuk mendapatkan gambaran tentang isi dari penulisan ini, secara sistematis disusun menjadi beberapa bab, antara lain :



BAB I : PENDAHULUAN
Menguraikan tentang latar belakang permasalahan, tujuan penulisan, ruang lingkup permasalahan serta metode yang digunakan dalam pengembangan program.


BAB II : LANDASAN TEORI
Menguraikan pengetahuan-pengetahuan yang berhubungan dan yang dibutuhkan untuk mengenali permasalahan yang timbul berikut dengan solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

BAB III : ANALISA DAN RANCANGAN PROGRAM
Berisi tentang bagaimana permasalahan dirumuskan dan diberikan solusi secara algoritma sehingga permasalahan dapat diselesaikan.

BAB IV : IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN PROGRAM
Berisi implementasi permasalahan yang telah disusun dalam bentuk program komputer dan mengujinya dengan beberapa contoh kasus untuk dianalisa keberhasilan dari program itu sendiri.

BAB V : PENUTUP
Berisi kesimpulan dari seluruh penulisan yang mengacu pada Bab III dan Bab IV serta saran -saran bagi alternatif sistem Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi