Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

127. Perancangan Perangkat Lunak Pembelajaran Metoda Kriptografi Gost


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sekarang ini, sering ditemukan berbagai macam perangkat lunak pembelajaran. Perangkat lunak yang penulis ingin rancang adalah mengenai kriptografi. Kriptografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengamanan data atau informasi, dalam kriptografi banyak ditemukan metoda-metoda kriptografi. Salah satunya adalah metoda GOST, GOST ini merupakan singkatan dari “Gosudarstvennyi Standard” atau “Government Standard”. Algoritmanya merupakan algoritma enkripsi sederhana yang memiliki jumlah proses sebanyak 32 round dan menggunakan 64 bit block cipher dengan 256 bit key. Metoda GOST juga menggunakan 8 buah S-Box yang permanen dan operasi XOR serta Rotate Left Shift.
Penulis memilih topik perangkat lunak pembelajaran karena penulis ingin membuat bagaimana cara user (pengguna) lebih memahami serta menambah minat user terhadap pembelajaran tersebut, dengan menampilkan teori-teori serta animasi yang mendukung. Jenis perangkat lunak pembelajaran yang penulis singgung tentunya adalah pembelajaran kriptografi metoda GOST. Perangkat lunak pembelajaran ini dirancang supaya metoda GOST dapat lebih mudah dipahami baik algoritma maupun operasi-operasi yang terkandung dalam metoda GOST ini.
Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk mengambil tugas akhir (skripsi) dengan judul “Perancangan Perangkat Lunak Pembelajaran Kriptografi Metoda GOST”.

1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi permasalahan adalah bagaimana membuat suatu perangkat lunak pembelajaran kriptografi metoda GOST.

1.3 Tujuan dan Manfaat Penulisan
Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak pembelajaran kriptografi metoda GOST.
Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini yaitu untuk membantu pembelajaran kriptografi metoda GOST dan juga dapat digunakan sebagai perangkat pendukung dalam proses belajar mengajar.

1.4 Pembatasan Masalah
Karena keterbatasan waktu dan pengetahuan penulis, maka ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini antara lain :
1. Perangkat lunak akan menampilkan tahap-tahap penghitungan dalam bilangan biner dan heksadesimal.
2. Perangkat lunak memiliki fasilitas untuk menampilkan nilai dari S-Box permanen yang digunakan dan teori-teori dasar dari metoda GOST.
3. Perangkat lunak akan menampilkan tahap-tahap enkripsi dan dekripsi.
4. Input dari perangkat lunak berupa key dengan panjang 256 bit dan plaintext 64 bit.

1.5 Metodologi Penyelesaian Masalah
Langkah-langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain :
1. Membaca dan mempelajari buku-buku kriptografi, sumber wacana dan jurnal yang berhubungan dengan metoda GOST.
2. Mempelajari algoritma dari metoda GOST.
3. Merancang perangkat lunak pembelajaran metoda GOST dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
4. Melakukan pengujian dan pengecekan terhadap perangkat lunak yang telah dirancang.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi