Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

129. Perancangan Sistem Administrasi Pendidikan Pada Stikes Bhamada Slawi Kabupaten Tegal


BAB I
PENDAHULUAN


1. Latar Belakang Masalah

Dalam penyelenggaraan pendidikan, pengelolaan administrasi pendidikan yang baik sangat dibutuhkan untuk dapat memberikan pelayanan kepada pihak-pihak terkait dan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Ketepatan, keakuratan dan kecepatan penyajian data/informasi merupakan salah satu faktor penting dalam mengelola administrasi yang baik.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Mandala Husada (STIKES Bhamada) Slawi merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi di Kabupaten Tegal yang mencetak sarjana di bidang kesehatan. Dalam melaksanakan pengelolaan administrasi STIKES Bhamada masih menggunakan cara manual sehingga dalam pelaksanaannya kurang optimal. Demikian juga dalam memberikan pelayanan kepada pengguna/pihak-pihak terkait tidak dapat dilakukan dengan maksimal. Beberapa kendala yang timbul sebagai akibat dari pengelolaan secara manual tersebut di atas adalah sebagai berikut:

a. Pembuatan/penyajian laporan tidak dapat dilakukan dengan cepat.
b. Kemungkinan kesalahan proses pengolahan data dapat terjadi.
c. Media penyimpanan yang digunakan cukup banyak dan kurang praktis.

Dari kendala-kendala tersebut dapat diidentifikasikan penyebab masalahnya yaitu sebagai berikut :

a. Pemasukan/penulisan data maupun penulisan rumus/formula untuk suatu proses dapat dilakukan berulang-ulang sebagai akibat dari pekerjaan secara manual.
b. Kesalahan proses dapat terjadi karena masih menggunakan tenaga manusia.
c. Media penyimpanan data masih banyak menggunakan kertas sehingga membutuhkan tempat yang cukup banyak dan kurang praktis untuk melakukan pencarian data.

Dengan adanya permasalahan-permasalahan tersebut di atas, penulis mencoba memberikan solusi dengan suatu rancangan sistem baru yaitu dengan pemanfaatan teknologi informasi/komputer yang diharapkan dapat memberikan pemecahan masalah yang terjadi dalam pengelolaan administrasi khususnya dalam pengelolaan administrasi pendidikan. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penyusunan skripsi ini penulis mengambil judul “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PENDIDIKAN PADA STIKES BHAMADA SLAWI KABUPATEN TEGAL” .

2. Perumusan Masalah

Bagaimanakah gambaran sistem informasi administrasi pendidikan pada STIKES Bhamada Slawi ?

3. Pembatasan Masalah

Dalam penyusunan skripsi ini penulis membatasi masalah atau ruang lingkup penulisan pada hal-hal yang mengenai administrasi pendidikan sebagai berikut :
- Pendataan Mahasiswa, Dosen, Program Studi dan Mata Kuliah.
- Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS).
- Pembuatan Jadwal Ujian dan Kartu Ujian, baik Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Ujian Akhir Semester (UAS).
- Pembuatan Kartu Hasil Studi (KHS).
- Pembuatan Transkip Akademik.

4. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem administrasi pendidikan di STIKES Bhamada Slawi sehingga dapat diketahui kekurangan atau kelemahan yang ada. Langkah selanjutnya adalah membuat suatu rancangan sistem baru untuk mengatasi permasalahan tersebut.

5. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam melakukan pengumpulan data adalah sebagai berikut :
a. Interview/Wawancara
Yaitu dengan melakukan wawancara atau tanya jawab secara langsung dengan pihak-pihak yang menjadi obyek penelitian.
b. Obeservasi
Yaitu dengan cara melakukan pengamatan langsung atas kegiatan yang dilakukan oleh obyek penelitian
c. Library Research/Kepustakaan
Yaitu dengan melakukan studi pustaka terhadap buku-buku yang berkaitan dengan penelitian.
d. Dokumentasi
Berdasarkan pada dokumen-dokumen yang diambil dari lembaga yang menjadi obyek penelitian.

6. Metode Analisis Data

a. Tahapan Perumusan
1) Mengidentifikasikan masalah yang terjadi dan mencari alternatif pemecahannya.
2) Mempelajari struktur organisasi lembaga yang ada berkaitan dengan objek penelitian.
b. Tahap Analisis
1) Mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk observasi.
2) Mengembangkan alternatif dan pemecahan masalah yang ditentukan.
c. Tahapan Desain
1) Merencanakan peralatan baik software maupun hardware yang tepat disesuaikan dengan kemampuan institusi.
2) Menggambarkan logika pemecahan masalah dengan bahasa pemrograman.
3) Merencanakan bentuk masukan data (desain input).
4) Merencanakan bentuk keluaran yang akan disajikan sesuai dengan kebutuhan organisasi.
Tahapan desain perencanaan sistem di buat dengan model pengembangan sistem yang meliputi : Flow of Document (FOD), Contex Diagram, Data Flow Diagram (DFD) Kamus Data (Data Dictionary), Entity Relationship Diagram (ERD), Normalisasi, Desain Database, Desain Input, Desain Output dan Flow Of Sistem.
d. Tahapan Pengembangan
Pada tahap pengembangan ini penulis mempergunakan bahasa pemrograman untuk implementasi dari logika sistem yang dirancang. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Delphi.
e. Tahapan Evaluasi
Untuk mengetahui adanya kesalahan pada logika yang dirancang maka dilakukan ujicoba dan bila terjadi kesalahan dilakukan perbaikan.

7. Tempat dan Waktu Penelitian

Penelitian dilakukan di STIKES Bhamada Slawi pada tanggal 10 Januari 2006 sampai dengan 10 Pebruari 2006.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi