Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

202. Komputerisasi Sistem Penggajian Pada PT. Nurindra Ekapersada Manggar Belitung


BAB I
PENDAHULUAN




1.1. Latar Belakang Masalah

Kemajuan teknologi informasi yang sedemikian pesat, menjadikan tugas manusia akan semakin mudah dan cepat dengan bantuan komputer. Tidak hanya dalam tugas-tugas yang berat dan berbahaya, tugas-tugas yang biasa dihadapi keseharian manusia pun akan semakin mudah dan hanya menggunakan waktu yang relatif singkat.

Proses munuju kondisi yang serba cepat ini tentunya membutuhkan waktu dan pengorbanan. Dalam hal ini dibutuhkan bukan saja kesadaran untuk mengelola perusahaan secara efisien, efektif dari sisi internal, tetapi juga dalam kaitannya dengan industri persaingan yang ada. Sebuah perusahaan yang “menutup mata” terhadap persaingan, betapapun besar dan bagus pada mulanya, pada suatu saat akan hancur dengan sendirinya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat mempengaruhi pola dan cara kerja manusia. Salah satu produk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut adalah komputer.
Komputer merupakan produk kemajuan teknologi informasi yang sangat sesuai dalam hal peningkatan sistem pelayanan yang memerlukan keterpaduan dan kecepatan. Sejak pertama komputer ditemukan, perkembangannya semakin lama semakin pesat dan luas.

Penggunaan komputer juga dirasakan semakin luas dan bisa dijumpai hampir pada semua bidang kehidupan manusia. Dengan dipakainya komputer di berbagai bidang, tentunya menimbulkan berbagai masalah baik yang berhubungan dengan perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware) yang mendukung pemakaian komputer tersebut yang sesuai dengan bidangnya.

Banyaknya data yang harus diolah merupakan masalah tersendiri. Data yang diolah secara manual akan terasa tidak efisien dan efektif dalam hal waktu dan biaya. Begitu juga informasi yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan yang akan diperoleh dari data tersebut akan terlambat, apalagi inforamsi yang diinginkan harus kompleks tentunya akan sulit dikerjakan secara manual.
Karena semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi perusahaan dan adanya tuntutan pengefisienan waktu maka dengan pengadaan perangkat komputer, akan sangat membantu dalam menangani masalah intern maupun ekstern perusahaan.
Menggunakan komputer merupakan alternatif pemecahan dalam mempercepat pemrosesan data untuk memperoleh laporan atau informasi yang diinginkan. Sistem informasi memainkan peranan penting dalam keberhasilan bisnis suatu perusahaan. Dengan teknologi informasi dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan perusahaan untuk tujuan efesiensi operasional, manajemen efektif, dan keuntungan yang bersaing.

PT. Nurindra Ekapersada adalah sebuah perusahaan yang berlokasikan di pulau Belitung yang kaya akan aneka tambang mineral; antara lain timah, kaolin, pasir kuarsa dan lain-lain. PT. Nurindra Ekapersada salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan pasir kuarsa yang merupakan bahan baku pembuatan keramik, gelas dan sangat bagus untuk bahan bantu pengeboran minyak. Perkembangan PT. Nurindra Ekapersada cukup pesat sehingga permasalahan-permasalahan yang dihadapi semakin bertambah dan komplek. Oleh karena itu diperlukan peningkatan mutu pelayanan bagi karyawan diberbagai bidang. Salah satunya adalah dibidang pelayanan karyawan, sehingga diperlukannya peningkatan mutu pelayanan bagi karyawan.

Peningkatan mutu pelayanan harus dimulai dengan permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan rutin organisasi. Salah satunya proses perhitungan gaji, karena gaji merupakan salah satu elemen utama untuk memotivasi kerja karyawan. Oleh karena itu dalam lingkup penggajian diperlukan sistem penggajian yang komputerisasi untuk mendukung proses perhitungan penggajian yang cepat, mudah, efisien dan akurat.

1.2. Rumusan Masalah

Berdasarkan data yang diperoleh maka perumusan masalahnya adalah bagaimana sistem komputerisasi dapat diterapkan diperusahaan tersebut untuk mengolah data penggajian karyawan yang saat ini masih dirasa kurang optimal.

Kurang optimalnya penyediaan data saat ini karena sebagian pengolahan data dilakukan secara manual dan perangkat komputer belum dimanfaatkan secara optimal. Sehingga informasi yang disediakan kurang efektif dan efesien.
Mengingat peranan informasi begitu besar, maka informasi ini semestinya ditangani dalam sebuah sistem yang tepat.
Kendala perhitungan penggajian secara manual:
1. Kemungkinan tidak konsisten data;
2. Terjadi kesalahan dalam perhitungan;
3. Pemeliharan dokumen kerts relatif lebih sulit dan membutuhkan ruang atau tempat penyimpanan yang banyak dan besar;
4. Sulit mendapatkan informasi atau laporan yang dibutuhkan dalam waktu yang relatif singkat.

1.3. Batasan Masalah

Dengan memberikan perumusan masalah maka akan mempersempit jangkauan masalah yang akan dibahas, sehingga akan terhindar dari pembahasan yang tidak sesuai dengan judul yang ditetapkan.
Karena begitu banyaknya masalah yang ada di PT. Nurindra Ekapersada Manggar Belitung maka penulis membatasi masalah hanya pada :
a. Perhitungan gaji karyawan
b. Pembuatan slip gaji karyawan
c. Laporan rekapitulasi penggajian karyawan

1.4. Tujuan Tugas Akhir

Tujuan tugas akhir yang berjudul “Komputerisasi Sistem Penggajian pada PT. Nurindra Ekapersada Manggar Belitung” ini, diantaranya:
a. Untuk mendapatkan gambaran penerapan teori yang telah diperoleh kedalam praktek yang sebenarnya;
b. Guna mendapatkan gambaran tentang sistem pengolahan data secara praktis;
c. Guna mengetahui sumber daya yang ada pada suatu perusahaan.
d. Membuat suatu pemecahan alternatif untuk merencanakan sistem basis data guna mengatasi permasalahan sistem penggajian pada PT. Nurindra Ekapersada Manggar Belitung;
e. Untuk mendapatkan data yang digunakan dalam penyusunan laporan Tugas Akhir;
f. Untuk memenuhi kelengkapan kurikulum pada Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

1.5. Manfaat Tugas Akhir

Manfaat dari tugas akhir yang berjudul “Komputerisasi Sistem Penggajian Pada PT. Nurindra Ekapersada Manggar Belitung” ini, antara lain:
1.5.1. Bagi mahasiswa
a. Memberikan informasi mengenai sistem pengolahan data penggajian karyawan bagi suatu perusahaan;
b. Untuk mendapatkan perbandingan antara teori yang diperoleh dengan praktek yang sesungguhnya;
c. Menambah bekal pengetahuan yang dapat digunakan untuk persiapan dalam rangka menghadapi dunia kerja.
1.5.2. Bagi institut
d. Menjalin hubungan kerja sama antara institut dan perusahaan tempat pengambilan data;
e. Sebagai bahan evaluasi dibidang akademik untuk pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan;
f. Untuk menguji pengetahuan dan teori yang telah diberikan dalam melaksanakan tugas akhir.
1.5.3. Bagi perusahaan/ instansi
a. Sebagai salah satu pengabdian didunia pendidikan;
b. Sebagai sarana tukar informasi untuk peningkatan dan penyempurnaan sarana dan prasarana yang ada

1.6. Metode Pengumpulan Data

Dalam pengumpulan data, penulis melakukan dua metode untuk mendapatkan data-data dalam pembuatan laporan tugas akhir ini, yaitu:
1.6.1. Studi Literatur
Penulis melakukan studi literatur untuk mempelajari teori-teori dari berbagai literatur, bahan bacaan dan arsip-arsip yang berhubungan dengan perusahaan dan informasi barang lain yang dapat membantu dalam pemecahan masalah.
1.6.2. Riset Lapangan
a. Observasi, yaitu dengan cara pengamatan dan pencatatan dari peninjauan langsung ke lapangan;
b. Wawancara, yaitu penelitian dilakukan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan dengan staff perusahaan untuk memperoleh keterangan yang berhubungan dengan permasalahan yang dihadapi baik secara lisan maupun tertulis.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi