Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

204. Sistem Pembayaran Upah & Jamsos Di Perusahaan Pengrajin Kayu CV. Morodadi Bantul Yogyakarta


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang

Perusahaan merupakan suatu organisasi yang terdiri dari sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu. Namun usaha yang akan ditempuh untuk mencapai usaha tersebut tidak mudah dan sederhana seperti yang dibayangkan, karena manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Untuk mengatasi hal tersebut seorang pepimpin sebagai pengambilan keputusan sedapat mungkin melakukan penyesuaian antara kebutuhan dan keinginan karyawan.

Pada prinsipnya manusia membutuhkan pekerjaan, namun tidak berarti dapat diperlakukan sewenang-wenang oleh pihak pemberi pekerja, karena tenaga kerja atau karyawan merupaka salah satu faktor yang penting yang diperlukan dalam menjalankan proses produksi, maka perusahan wajib menghormati harkat dan martabat karyawan sesuai dengan kemampuan profesi dirinya serta melakukannya secara manusia dengan memperhatikan kesejahteraan.

Karyawan mempunyai kewajiban untuk bekerja semaksimal mungkin dan juga berhak mendapat upah. Ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan yang merupakan kebutuhan manusia. Semakin tinggi tingkat peradaban manuasia, semakin banyak pula yang harus dipenuhi sehinga tiap karyawan menginginkan upah yang sebesar-besarnya, namun tidak semua perusahan yang dapat memberikan upah yang layak dan sesuai bagi karyawannya karena setip perusahan jangan menginginkan penghasilan yang setinggi-tingginya dengan pengeluaran yang serendah-rendahnya. Hal ini sering disebabkan konflik antara perusahaan dengan karyawan, bahkan akhir-akhir ini banyak karyawan yang melakukan demotrasi dan pemogokan kerja yang menuntu kenaikan upah.
Disamping itu kemajuan teknologi di jaman modern ini memang sangat diperlukan apalagi teknologi komputer untuk memenuhi kebutuhan dan dapat memberikan kemudahan bagi manusia. Akan tetrapi tanpa adanya pengendalian yang tepat, penggunaan teknologi dapat mengakibatkan kefatalan yang merugikan manuasia. Untuk menangulangi hal tersebut perusahaan perlu menyelenggarkan program keselamatan kerja dan memberikan jaminan sosial bagi karyawannya. Dengan adanya upah yang layak dan jaminan sosial diharapkan akan memotivasi karyawan untuk menigkatkan produktivitasnya, memberikan rasa aman dan bekerja dan dpat mempertahankan karyawan yang berpotensi dan berprestasi untuk tetap berada diperusahaan.

1.2 Pokok Masalah

Melihat latar belakang di depan, maka pokok permasalahan yang akan dibahas dalam karya tulis ini adalah ”SISTEM PEMBAYARAN UPAH & JAMSOS DIPERUSAHAAN PENGERAJIN KAYU CV. MORODADI BANTUL YOGYAKARTA “, sehingga pemberian sistem pengupahan dan jaminan sosial diberikan dengan layak dan adil.

1.3 Batasan Sistem

Mengingat banyaknya permasalahan yang dihadapi di CV Morodadi, maka hanya akan diambil salah satu permasalahan yang dipandang tidak terlalu rumit dan yang sekiranya dalam pembuatan karya tulis ini bisa digunakan untuk membantu memecahkan masalah tersebut.
Batasan permasalahan yang ada dalam “ SISTEM PEMBAYARAN UPAH DAN JAMSOS DI CV. MORODADI YOGYAKARTA “ ini meliputi pengolahan data Upah yang diberikan, Jaminan Sosial, Pinjaman Karyawan, data Jabatan, data Karyawan, data Presensi, data Bonus.

1.4 Tujuan dan Manfaat Karya Tulis

1. Tujuan
Untuk menyajikan informasi dalam pengupahan dan jaminan sosial di CV. Morodadi Bantul Yogyakarta sehingga sistem pembayaran upah dan jamsos dapat diberikan dengan layak, adil, cepat dan tepat.
2. Manfaat Karya Tulis
a. Menambah pengetahuan mengenai pengembangan program aplikasi komputer.
b. Memberikan sumbangan pemikiran dalam pengembangan program aplikasi komputer pada CV. Morodadi Bantul Yogyakarta.

1.5 Metode Pengumpulan Data

a. Wawancara
Yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengadakan tanya jawab langsung dengan pimpinan perusahan atau staf yang ditunuk oleh perusahan untuk memberikan data.
b. Observasi
Yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara langsung terhadap obyek penelitian.

1.6 Sistematika Karya Tulis

Sistematika pada karya tulis ini sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Pada bagian bab ini diuraikan tentang latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat karya tulis, metode pengumpulan data, serta sistematika karya tulis.
BAB II GAMBARAN UMUM CV. MORODADI BANTUL YOGYAKARTA
Pada bagian bab ini diuraikan tentang sejarah perusahaan CV. Morodadi Bantul Yogyakarta.

BAB III PERENCANAAN SISTEM PEMBAYARAN UPAH & JAMSOS DIPERUSAHAAN PENGERAJIN KAYU CV. MORODADI BANTUL YOGYAKARTA
Bagian ini berisi mengenai tentang definisi sistem, sistem pendukung berupa sistem perangkat lunak maupun sistem perangkat keras untuk menjalankan program aplikasi, perencanaan diagram sistem, penjelasan sistem, struktur basis data, perencanaan input/masukkan, perencanaan output/keluaran dari hasil program.

BAB IV MENJALANKAN PROGRAM
Bab ini membahas tentang bagaimana keterlibatan sistem yang digunakan dalam suatu paket program aplikasi atau bahasa pemrograman untuk menghasilkan suatu Sistem pembayaran upah & jamsos di Perusahaan pengerajin kayu CV. Morodadi bantul yogyakarta.

BAB V PENUTUP
Bab ini menjelaskan mengenai kesimpulan dan saran – saran.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi