Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

230. Sistem Registrasi Yang Memanfaatkan Teknologi Wireless Yaitu Teknologi J2me


BAB I
PENDAHULUAN


1. PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi yang semakin pesat pada saat ini salah satunya adalah teknologi wireless, yang dapat diterapkan pada perangkat-perangkat mobile, seperti handphone, PDA (Personal Digital Assistance), dan lain-lain. Teknologi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan akses informasi yang cepat, kapan saja, dan dimana saja.

Teknologi Java merupakan sebuah teknologi yang berkembang sangat pesat akhir-akhir ini. Bahkan belakangan ini dikabarkan berusaha mengalahkan Microsoft yang terkenal sebagai kampiun dari produsen operating system dimuka bumi ini. Teknologi Java yang pada awalnya dikenal untuk aplikasi pada desktop (J2SE) ataupun pada application server (J2EE), kini hadir dengan teknologi terbarunya, J2ME™ Platform, untuk pembangunan aplikasi pada mobile device seperti mobile phone dan PDA.

J2ME (Java 2 Micro Edition) merupakan salah satu teknologi Java yang dikembangkan untuk memungkinkan aplikasi-aplikasi Java bisa berjalan di perangkat-perangkat mobile, dimana perangkat-perangkat tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda dengan komputer biasa, misalnya kecilnya jumlah memori. Salah satu teknologi yang ditawarkan adalah “write once run everywhere”, J2ME merupakan salah satu bagian dari teknologi Java yang dikembangkan untuk memungkinkan aplikasi-aplikasi bisa Java berjalan di perangkat-perangkat mobile dan merupakan salah satu kekuatan yang dimiliki Java, yang memungkinkan Java dijalankan pada sistem operasi apapun tanpa perlu melakukan kompilasi ulang program Java yang dibuat. Karakteristik tersebut sangat tepat untuk lingkungan mobile device, karena platform yang digunakan berbeda-beda, sehingga aplikasi yang telah dirancang dapat dijalankan dimana saja.

Hal tersebut yang menjadi pertimbangan penulis untuk mengembangkan sistem registrasi yang memanfaatkan teknologi wireless yaitu teknologi J2ME, untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan registrasi pada setiap pergantian semester.

2. PERUMUSAN MASALAH
Pada setiap peralihan semester, para mahasiswa diwajibkan untuk melakukan registrasi. Mahasiswa memperoleh kesempatan untuk mengambil mata kuliah yang ditawarkan ataupun mengambil ulang mata kuliah yang telah dijalani sesuai dengan prosedur akademik kampus.

Sering sekali terdapat kasus mahasiswa yang terlambat melakukan registrasi atau salah dalam menginput mata kuliah yang diambil. Di samping waktu registrasi yang sangat terbatas, terkadang seorang mahasiswa punya urusan mendadak yang harus segera ditangani dan tidak memungkinkan untuk mendatangi tempat dilakukannya registrasi. Jika menghadapi persoalan tersebut, biasanya mahasiswa tersebut meminta tolong temannya dalam melakukan input registrasi. Dari situlah muncul keterlambatan atau kesalahan input registrasi mahasiswa yang bersangkutan.


3. TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dari Tugas Akhir ini adalah membangun sistem regiatrasi pada mobile devices dengan teknologi J2ME, untuk membantu mahasiswa dalam melakukan registrasi pergantian semester, dengan demikian mahasiswa bisa melakukan proses registrasi di mana saja seperti dalam perjalanan kereta api ataupun bus.

4. BATASAN MASALAH
Batasan masalah dalam penelitian Tugas Akhir ini, dibatasi dengan ruang lingkup sebagai berikut :
a. Pembuatan sistem registrasi dibatasi pada mahasiswa sebagai otoritas user.
b. Analisa rancang basis data tidak akan dibahas lebih dalam.
c. Tidak membahas lebih lanjut tentang relasi dan regulasi antar pihak-pihak yang berada di belakang sistem, seperti: BAU, BAA, Bank,dan lain-lain.

5. METODOLOGI PENULISAN
Metode yang digunakan untuk menyelesaikan tugas akhir ini adalah:
a. Studi Literatur
b. Pendefinisian Masalah
c. Analisa kebutuhan sistem dan Perancangan Perangkat Lunak
d. Implementasi Perancangan Perangkat Lunak
e. Pasca Implementasi (pengujian dan analisa sistem)
f. Penyusunan Laporan
6. SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan tugas akhir ini dibagi dalam beberapa bagian sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini akan dibahas kerangka penelitian atau percobaan dalam tugas akhir, meliputi latar belakang masalah, tujuan penelitian, perumusan masalah, batasan masalah, metodologi penulisan, dan sistem penulisan .
BAB II : TINJAUAN UMUM
Bab ini memuat berbagai dasar teori yang mendukung dan mendasari penulisan dan pengembangan sistem Tugas Akhir ini.
BAB III : ANALISA DAN PERANCANGAN
Bab ini berisi analisa dan perancangan perangkat lunak yang mencakup penentuan analisis sistem, spesifikasi user, dan perancangan simulasi yang akan digunakan dalam pengembangan sistem ini.
BAB IV : IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN PROGRAM
Bab ini berisi penjelasan bagaimana rancangan perangkat lunak diimplementasikan, diuji coba, serta hasil uji coba yang dilakukan
BAB V : PENUTUP
Pada bab akhir ini diberikan kesimpulan dari seluruh rangkaian penelitian yang dilakukan dan saran untuk pengembangan selanjutnya
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi