Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

263. Sistem Komputerisasi Registrasi Siswa Baru Di SMU Ibu Pawiyatan Taman Siswa Jogjakarta


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan jaman dewasa ini yang serba cepat dan membutuhkan tingkat efisien yang tinggi dibutuhkan sistem informasi yang baik dan teknologi pendukung yang memadai sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan. Teknologi pendukung yang dimaksud adalah penerapan teknologi tepat guna untuk menggantikan teknologi yang masih menggunakan sistem manual. Dan ini berkaitan dengan sistem pengolahan penerimaan siswa baru yang merupakan salah satu bagian dari lembaga pendidikan.

Suatu lembaga pendidikan membutuhkan sistem untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, melihat kembali dan menyalurkan informasi. Komputer merupakan salah satu saran yang dapat membantu dalam sistem tersebut. Hasilnya, sistem informasi berdasarkan komputer akan mempunyai nilai lebih daripada sistem yang diolah secara manual. Dapat dikatakan bahwa sistem informasi dengan komputer akan menunjukkan efisiensi dan produktifitas yang tinggi.

Sistem pengolahan penerimaan siswa baru ini berkaitan dengan informasi tentang siswa. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat mendukung tujuan dari instansi tersebut, salah satunya dengan cara meningkatkan efektifitas sistem informasi penerimaan siswa baru dengan mengkomputerisasikannya. Dengan adanya komputerisasi diharapkan dapat melaksanakan sistem penerimaan siswa baru, sehingga mampu menghasilkan informasi yang baik, akurat, relevan dan tepat waktu.

Tersedianya data yang makin banyak dan kompleks, merupakan pendorong untuk mencari dan mewujudkan sistem baru agar tiap pengendalian maupun pengolahan data menghasilkan informasi yang baik.

1.2 Pokok Permasalahan
Penyusun menyimpulkan pokok masalah yang terdapat pada SMU Ibu Pawiyatan Taman Siswa Jogjakarta adalah dalam pengolahan penerimaan siswanya masih secara manual sehingga kurang efektif baik dari segi waktu serta tenaga. Data yang dihasilkan kurang akurat dan sering terjadi keterlambatan bahkan kesalahan, sehingga nilai informasi yang disajikan kurang bernilai karena sering terjadi keterlambatan dalam proses pengambilan keputusan.
Dalam pengolahan penerimaan siswa baru memerlukan kecepatan, ketepatan, ketelitian dan pengamatan karena itu diperlukan sarana yang cukup memadai maka dari itu diusulkanlah komputerisasi sistem informasi pengolahan data siswa. Dengan hal ini diharapkan dapat benar-benar bermanfaat dan akan terus berkembang secara bertahap sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan tujuan yang telah ditetapkan.

Melihat besarnya ruang lingkup permasalahan yang ada, maka penyusun hanya akan membatasi pada beberapa masalah, batasan masalah yang akan dituangkan dalam Tugas Akhir ini yaitu membatasi permasalahan pada sistem pengolahan penerimaan siswa baru pada SMU Ibu Pawiyatan Taman Siswa Jogjakarta dengan bahasa pemrograman Borland Delphi 6.0.
Adapun pokok masalah yang dibahas adalah sebagai berikut :
1. Informasi Rayon yang biasanya menjadi wilayah penerimaan siswa di SMU Ibu Pawiyatan Taman Siswa
2. Informasi Daerah yang dicakup oleh Rayon-rayon
3. Pengolahan data Pendaftaran siswa baru di SMU Ibu Pawiyatan Taman Siswa
4. Informasi hasil Tes siswa baru di SMU Ibu Pawiyatan Taman Siswa

1.3 Batasan Masalah
Untuk menghindari analisis yang berkepanjangan, maka permasalahan hanya dibatasi pada registrasi, antara lain :
1. Syarat-syarat yang harus dipenuhi pendaftar sehingga diterima
2. Pengisian berkas-berkas yang telah disiapkan pihak sekolah untuk pendaftar atau calon siswa
3. Proses seleksi atau tes yang dilaksanakan oleh pihak sekolah dilakukan secara manual
4. Proses cadangan yang akan dilakukan jika kapasitas yang tersedia belum mencukupi dari proses seleksi yang telah dilaksanakan sebelumnya.
5. Registrasi dilakukan bagi calon siswa yang lulus pada seleksi atau tes, dan juga diberlakukan pada calon siswa yang cadangan. Registrasi dilaksanakan selama satu minggu, setelah hasil seleksi atau tes keluar.

1.4 Maksud dan Tujuan
Secara khusus dari pembuatan laporan Tugas Akhir ini sebagai syarat kelulusan pada jenjang pendidikan Diploma III (DIII) pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM Jogjakarta. Dan secara umum dimaksudkan agar mahasiswa mampu menerapkan berbagai ilmu yang telah dikaji dan diserapkan dari STMIK AKAKOM dan untuk memperluas wawasan keilmuan mahasiswa serta meningkatkan pengetahuan khususnya yang berkisar tentang komputerisasi sistem pengolahan penerimaan siswa baru menggunakan program Borland Delphi 6.0.

1.5 Metode Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data Tugas Akhir ini, penyusun melakukan pengambilan data dengan menggunakan beberapa metode antara lain sebagai berikut :
1. Survei Langsung
Yaitu metode pengumpulan data atau informasi melalui proses pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian
2. Wawancara
Yaitu metode pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara atau tanya jawab dengan pihak-pihak yang terkait dengan objek yang diteliti.
3. Studi Pustaka
Digunakan untuk mendapatkan kajian teoritis dalam melakukan komputerisasi sistem yang telah berjalan dan penyusunan sistem baru yang akan disusun.

1.6 Sistematika Penulisan
Sistematika yang digunakan dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini merupakan bagian pengantar pokok dari permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini. Adapun hal-hal yang di bahas berisikan tentang latar belakang masalah, pokok permasalahan, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode penelitian, sistematika penulisan laporan
BAB II DASAR TEORI
Dalam bab ini diuraikan mengenai pengenalan atau sejarah tentang sekolah SMU Ibu Pawiyatan Taman Siswa, dan bagaimana cara-cara atau pelaksanaan penerimaan siswa baru di SMU Ibu Pawiyatan Taman Siswa.
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini akan dibahas masalah tentang perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan konsep perancangan basis data, diagram alir data dan penjelasan bagan alir sistem, hubungan antar tabel, struktur tabel yang digunakan, rancangan masukan dan rancangan keluaran.
BAB IV IMPLEMENTASI PROGRAM
Dalam bab ini akan dibahas tentang fungsi dari tiap unit yang digunakan dalam aplikasi pengolahan data. Selain itu pada bab ini juga akan memuat tentang cara menjalankan program.
BAB V PENUTUP
Kesimpulan dan saran.
DAFTAR PUSTAKA
Laporan
Lampiran-lampiran
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi