Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

265. Sistem Pembayaran Pengorrbanan Harta Jamaah


BAB I
PENDAHULUAN



I.1 Latar Belakang Masalah

Dalam kegiatan operasionalnya, organisasi membutuhkan sarana-sarana untuk mencatat, menyimpan dan mengolah data sesuai kebutuhannya masing-masing. Proses operasional tersebut terkadang masih dilakukan secara manual, sehingga keterbatasan kemampuan untuk melakukan operasional yang cepat, efektif dan efisien belum maksimal dilakukan.

Maka untuk mengembangkan kemampuan operasional manajemen organisasi perlu diadakan pengolahan sistem administrasi yang menangani masalah ini. Sebagai contoh adalah kegiatan operasional untuk menangani laporan keuangan dimana hal ini dilakukan secara rutin per satuan waktu tertentu. Untuk optimalitas kemampuan operasional diperlukan suatu sistem baru yang harus diadakan dalam melaksanakan proses operasional tersebut.

I.2 Pokok Masalah
Organisasi Jamaah Ahmadiyah adalah organisasi agama Islam yang mempunyai scope Internasional. Dalam menyiarkan agama Islam ke seluruh pelosok dunia, organisasi ini juga mempunyai salah satu kegiatan operasionalnya adalah pencatatan iuran-iuran dana dari para anggotanya, dimana tiap anggota menyisihkan sebagian pendapatannya setiap bulan untuk dibayarkan kepada organisasi. Dari pemasukan keuangan inilah kegiatan operasional dibiayai.

Iuran-iuran tersebut bersifat perjanjian sukarela yang dibayarkan dalam persatuan waktu tertentu yaitu pembayar melakukan perjanjian pembayaran untuk kemudian mengangsur perjanjian dalam jangka waktu tertentu, dengan masing-masing ketentuan iuran yang telah ditetapkan. Dari iuran yang terkumpul, maka sesuai ketentuan yang berlaku uang tersebut sebagian dikirim ke organisasi pusat diatasnya yang bersifat nasional dan sebagian yang lain menjadi hak organisasi lokal untuk memenuhi kebutuhan kegiatan-kegiatan lokal.

Dengan semakin berkembangnya Jamaah Ahmadiyah ke seluruh pelosok dunia, sehingga jumlah anggota meningkat dengan pesat. Peningkatan ini diikuti dengan peningkatan semangat pengorbanan harta seiring dengan makin mantapnya kerohanian anggota. Oleh sebab itu organisasi membutuhkan suatu sistem baru yang lebih dapat menunjang optimalitas penanganan hal tersebut.

Atas dasar pemikiran masalah tersebut maka penulis merancang sebuah sistem “Sistem Komputerisasi Pengolahan Data Pembayaran Iuran-Iuran Jamaah Ahmadiyah Indonesia Cabang Yogyakarta”. Dimana obyek penelitian yang dilakukan adalah di Jamaah Ahmadiyah Indonesia cabang Yogyakarta.

Pengolahan data pemasukan keuangan di Jamaah Ahmadiyah cabang Yogyakarta digunakan agar mempermudah dalam mendapatkan layanan informasi laporan dan pengolahan data pembayaran iuran-iuran dengan lebih cepat dan akurat. Sehingga dari informasi output yang dihasilkan dapat dilakukan kontrol lebih baik dalam proses operasionalnya.

I.3 Batasan Masalah
Kelancaran pencatatan pembayaran iuran dana ini menentukan proses pembayaran berikutnya, menetukan pengambilan keputusan dalam operasional antara lain penentuan hak anggaran biaya operasional lokal dan penentuan hak organisasi pusat yang harus dikirimkan.
Maka data yang diambil dari transaksi pembayaran, menentukan batasan-batasan masalah sebagai berikut :
1. Data yang diolah adalah data transaksi pembayaran iuran hingga proses pelaporan pemasukan bulanan .
2. Aturan pengolahan keuangan sesuai ketentuan organisasi yang telah ditetapkan.
3. Bahasa pemograman yang digunakan adalah Visual Delphi.

I.4 Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai dalam proyek ini adalah:
1. Membuat program komputer untuk mengolah data transaksi pembayaran iuran.
2. Membuat laporan pemasukan keuangan.

I.5 Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang dilakukan penulisan adalah:
1. Melakukan interview dengan pelaku organisasi yang menangani pengolahan data ini.
2. Studi pustaka dengan mempelajari litelatur pustaka yang ada dan mempelajari rule and regulation organisasi .

I.6 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan terdiri atas:
BAB I : Membahas pendahuluan penulisan, terdiri atas latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, tujuan penulian, metode pengumpulan data, dan sistematika penulisan.
BAB II : Membahas sistem atau mekanisme pengolahan data, terdiri atas profil sekilas tentang institusi organisasi Jamaah Ahmadiyah baik secara internasional, nasional maupun lokal sebagai satu stuktur organisasi, dan prosedur pengolahan data keuangan yang ditetapkan.
BAB III : Membahas tentang Perancangan sistem, terdiri atas definisi sistem, fasilitas perangkat pendukung pemograman , spesifikasi Visual Delphi, fasilitas perangkat hardware dan software yang dibutuhkan pada program Visual Delphi, penjelasan sistem, perancangan database, diagram/bagan alir atau flowchart program, dan perancangan laporan.
BAB IV : Membahas Implementasi program yaitu penjelasan bagaimana proses mengeksekusi program sehingga program dapat dijalankan dengan baik, terdiri atas spesifikasi program dan pelaksanaan program yaitu cara penyimpanan data, pengolahan data, penampilan pada monitor, hingga mencetak laporan.
BAB V : Membahas penutup penulisan ini, terdiri atas kesimpulan, saran dan lampiran-lampiran.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi