Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

275. Perangkat Lunak Bantu Untuk Belajar Gitar


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang masalah
Seiring dengan kemajuan teknologi komputer yang sangat mendukung dan membantu perkembangan dunia musik ditanah air saat ini, baik perkembangan musik di kota-kota besar atau di kota-kota kecil lainnya. Maka penulis tertarik untuk mengangkat Tugas Akhir tentang Musik. Setelah melakukan beberapa kali pendekatan dan terjun langsung kebidang ini, akhirnya penulis dapat mengetahui bahwa dunia musik sangat luas dan terdiri dari beragam jenis aliran musik.

Pecinta musik di tanah air sangat ini sudah sangat banyak sekali menggunakan komputer sebagai bahan referensi atau sebagai pelajaran dasar untuk belajar musik, dengan beredarnya software software pelajaran musik berdasarkan jenis musik atau jenis alat musik itu sendiri.
Perkembangan dunia musik saat ini juga tidak lepas dari munculnya beberapa group band atau perorangan yang telah sukses menghasilkan suatu karya yang sangat indah dan menjadi ciri dari pemusik tersebut, pemusik yang menghasilkan suatu karya yang sangat baik dalam arti baik secara teknik, keharmonisan, atau metronom maka teknik dan cara bermusik mereka dicari dan dipelajari oleh para pecinta musik saat ini.

1.2 Alasan Pemilihan Judul
Penulis ingin menawarkan sesuatu yang baru kepada pencinta musik yaitu pelajaran dasar gitar khusus musik blues dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Delphi 6.0. Selama ini pecinta musik ditanah air dalam pencarian bahan pelajaran dasar gitar khusus musik blues dengan menggunakan fasilitas internet yang membutuhkan banyak waktu juga terbatasnya software_software dasar musik blues yang tersedia saat ini.
Dengan penjelasan tersebut karya tulis ini ditujukan untuk membantu atau menambah software Bantu-software Bantu musik yang telah ada.

1.3 Pokok Masalah
Masalah utama didalam penulisan karya tulis ini adalah bagaimana cara membuat suatu Perangkat Lunak Bantu Untuk Belajar Gitar yang bertujuan untuk memudahkan User dalam mempelajari teori dasar musik blues secara singkat karena selama ini untuk mempelajari musik khusus musik blues memerlukan waktu yang cukup banyak ditambah lagi dengan sulitnya untuk mencari bahan- bahan latihan pelajaran untuk musik blues dan juga menjelaskan secara singkat cara membaca tablature.

1.4 Batasan Masalah
Dengan adanya keberagaman jenis musik yang ada pada sangat ini, maka program Perangkat Lunak Bantu Untuk Belajar Gitar ini, khusus membahas dalam batasan permasalahan, yaitu :
1. Perangkat Lunak Bantu Untuk Belajar Gitar ini hanya diperuntukan untuk latihan dasar tangga nada pentatonic mayor dan tangga nada pentatonic minor khusus musik blues.
2. Perangkat Lunak Bantu Untuk Belajar Gitar ini juga membahas cara membaca tablature gitar.
3. Perangkat Lunak Bantu Untuk Belajar Gitar ini hanya diperuntukkan untuk orang-orang yang sudah memahami dan mengerti teori dasar gitar.
4. Perangkat Lunak Bantu Untuk Belajar Gitar ini juga menampilkan pengetahuan singkat mengenai sejarah perkembangan musik blues dan gitaris-gitaris khusus musik blues.
Permasalahan yang diangkat tidak sampai ke masalah pembahasan Partiture atau not balok.

1.5 Tujuan Penelitian
Tujuan penulisan karya tulis ini merupakan salah satu syarat akademik untuk menyelesaikan jenjang Diploma tiga di STMIK AKAKOM Yogyakarta dan mengembangkan atau mengapresiasikan ilmu Komputer khususnya bahasa pemeograman Visual Delphi 6.0 kedalam pelajaran gitar khususnya pelajaran dasar musik blues.

1.6 Metode Penelitian
Dalam menyusun karya tulis ini metode yang dipakai dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut:
1. Praktek atau penerapan langsung kedunia musik khusus musik blues.
2. Referensi dari pemusik-pemusik khusus di Yogyakarta
3. Studi pustaka yaitu membaca bahan-bahan untuk teori yang diperlukan sebagai landasan dalam penyelesaian karya tulis ini.

1.7 Sistematika Penulisan
Sistematika yang digunakan dalam penyusunan laporan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Bab pertama merupakan bab pendahuluan mengenai latar belakang masalah, alasan pemilihan judul, pokok masalah, batasan masalah, tujuan penulisan dan metode penelitian
BAB II TINJAUAN UMUM
Bab kedua menguraikan latar belakang terbentuknya musik blues, tokoh dan perkembangannya di dunia, serta pengolahan data bunyi gitar untuk latihan-latihan musik blues, cara membaca Tablature gitar dan program yang digunakan bahasa pemograman Visual Delphi 6.0.
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Bab ketiga menguraikan tentang hal-hal yang mendukung dalam sistem, perancangan tabel, diagram alir serta relasi tabel perencanaan masukan dan rencana keluaran atau bentuk laporan.
BAB IV IMPLEMENTASI PROGRAM
Bab keempat membahas tentang jalannya program serta tampilan program.
BAB V PENUTUP
Bab kelima merupakan kesimpulan dari analisis sistem dan saran dari pengembangan program Perangkat Lunak Bantu Untuk Belajar Gitar.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi