Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

277. Sistem Informasi Visual Otot Manusia


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Masalah
Semua mahluk hidup tersusun oleh organ-organ tubuh yang saling berhubungan, diantaranya tulang dan otot. Hubungan antara tulang yang memungkinkan adanya gerakan yang disebut sendi. Tulang merupakan alat gerak pasif, sedangkan otot merupakan alat gerak aktif. Kerja otot dalam mengerjakan tulang dapat digolongkan secara sinergis atau antagonis. Setiap gerakan dari suatu bagian tubuh melibatkan otot, tulang dan sendi. Setiap organ tubuh mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda, oleh karena fungsi masing-masing organ tubuh memiliki perbedaan maka susunan alat tubuhpun berbeda.

Manusia termasuk mahluk bertulang belakang yang mempunyai kemampuan untuk bergerak dan berpindah tempat. Gerakan tubuh tersebut dimungkinkan oleh kerjasama antar tulang dan otot.

Teknologi informasi telah menjadi kebutuhan dalam perkembangan jaman. Hal ini menunjukan betapa pentingnya peran informasi yang diberikan oleh buku panduan akan sangat ditentukan oleh system informasi yang ada.

Pada dunia pendidikan penggunaan perangkat system informasi akan terasa sangat membantu dan mempermudah siswa dalam mempelajari dan memahami system alat gerak. Dengan system informasi tersebut siswa akan dapat menangkap maksud dari informasi yang disampaikan dengan menjadi lebih efektif dan efisien. Sebuah program pendidikan dapat juga divisualisasikan dan diproyeksikan dengan suatu penyajian informasi menggunakan program komputer yang memanfaatkan perangkat multimedia.

1.2 Pokok Masalah
Salah satu penggunaan teknologi komputer adalah sebagai media komunikasi yang interaktif, komunukatif dan familiar untuk masyarakat dan publik, maka kemudian timbulah ide untuk membuat system informasi mengenai program pendidikan sekolah sebagai media alternatif dari media buku atau guru disekolah.

Visualisasi otot rangka manusia yang berbentuk system informasi disajikan dengan menggunakan perangkat komputer multimedia untuk menampilkannya. Media simpannya menggunakan sebuah program CD ROM yang ringkas. Dengan demikian dapat digunakan sebagai media alternatif dalam bidang pendidikan dan perpustakaan yang biasanya dipenuhi oleh buku-buku yang tebal dan besar maka akan terasa ringkas dengan hanya menggunakan sebuah CD saja.

1.3 Tujuan Penulisan
Teknologi informasi telah menjadi kebutuhan dalam perkembangan jaman. Hal ini menunjukan betapa pentingnya peran informasi yang diberikan oleh buku-buku panduan yang sangat ditentukan oleh sistem informasi yang ada.
Karya tulis ini dibuat untuk membantu dan mempermudah mahasiswa kedokteran khususnya dan kalangan ilmuan kesehatan umumnya dalam mempelajari dan memahami sistem otot rangka manusia dengan lebih efektif dan efisien.
Dalam karya tulis ini, istilah yang digunakan adalah bahasa latin karena istilah tersebut lazim digunakan dikalangn kedokteran di dunia. Istilah bahasa latin tetap dipertahankan apabila menyangkut bidang anatomi namun diIndonesiakan bila menyangkut arti yang lebih luas.

1.4 Batasan Masalah
Dalam masalah ini, ruang lingkup yang dibahas atau disajikan kami batasi hanya mengenai otot rangka manusia secara anatomis, tidak termasuk otot lain seperti otot polos dan otot jantung.

1.5 Metode Pengumpulan Data
Untuk mendukung kelengkapan serta kelancaran dalam penyusunan tugas akhir ini, penulis melakukan analisa data dengan cara menerapkan beberapa metode pengumpulan data sebagai berikut.
1. Wawancara
Data diperoleh dengan melakukan wawancara secara langsung dengan nara sumber dengan mengajukan pertanyaan-pertanyan yang mendukung permasalahan.
2. Studi Pustaka
Studi Pustaka yaitu dengan mengumpulkan data dan membaca bahan-bahan untuk teori yang diperlukan sebagai landasan dalam penyusunan karya tulis ini.

1.6 Sistematika Penulisan
Adapun sistematika dalam karya tulis ini secara keseluruhan dapat dirinci sebagai berikut.
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini menguraikan tentang latar belakang masalah, pokok masalah batasan masalah, tujuan tugas akhir, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini berisi tentang dasar-dasar teori yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada penulisan tugas akhir.
BAB III PERENCANAAN SISTEM
Dalam bab ini berisi penjelasan tentang perencanaan sistem yang meliputi sistem perangkat keras, sistem perangkat lunak, bagan alir sistem, perancangan basis data, perancangan masukan dan perancangan keluaran.
BAB IV IMPLEMENTASI
Dalam bab ini diuraikan tentang potongan program dari beberapa prosedur dan cara menjalankan program, pengisian data, pengecekan data, penghapusan data, mengubah data, serta menampilkan dan mencetak data.
BAB V PENUTUP
Penutup berisi kesimpulan dan saran-saran untuk pengembangan program lebih lanjut.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi