Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

287. Analisis dan Perancangan Aplikasi Berbasis Web Pada Rumah Sakit Mata dr. YAP Yogyakarta


BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini semakin pesat. Salah satunya adalah Internet. Internet adalah sebuah jaringan global dari jaringan komputer yang menghubungkan sumberdaya-sumberdaya bisnis, pemerintah, dan institusi pendidikan yang menggunakan protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Internet juga merupakan sarana yang penting untuk mendapatkan informasi tentang apapun yang dibutuhkan, baik informasi IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), Pendidikan, Kesehatan, Politik dan Budaya, Ekonomi, Hiburan dan masih banyak yang lainnya.

Salah satu fasilitas Internet yang sangat populer adalah WWW atau World Wide Web yang merupakan sebuah jaringan global situs Internet multimedia untuk informasi, hiburan, pendidikan dan bisnis.Di dunia persaingan usaha, harus dapat mengikuti teknologi yang terus berkembang, salah satunya dalam penyampaian dan penyajian informasi perusahaan kepada khalayak ramai.
Saat ini ribuan perusahaan di dunia menggunakan Web untuk media promosi dan menawarkan produknya dalam bentuk informasi bersifat on-line di Internet. Aplikasi Web memberikan solusi bagi perancangan situs Web yang berkecimpung dalam dunia bisnis on-line Internet. Dengan Internet penyampaian informasi menjadi lebih praktis, pengunjung Website dapat dengan mudah mengetahui seluk beluk instansi atau perusahaan dengan jelas dan akurat.
Tampilan dari sebuah Website perusahaan haruslah informatif dan komunikatif agar dapat menarik pengunjung Web. Melihat Internet yang merupakan media yang tepat dan praktis sebagai sarana publikasi maka dari itu banyak perusahan-perusahan yang mengunakan fasilitas tersebut sebagai sarana promosi. Rumah sakit mata Dr.YAP yang sudah mempunyai nama di kota Yogyakarta belum menggunakan fasilitas Internet sebagai sarana untuk memperkenalkan dan menyampaikan informasinya kepada masyarakat.
Rumah Sakit Mata Dr.YAP adalah salah satu rumah sakit terbesar di Yogyakarta yang menangani khusus penyakit mata. Dengan membangun Website pada Internet maka rumah sakit mata Dr.YAP dapat memberikan informasi secara lengkap dan akurat mengenai pelayanannya kepada masyarakat dengan lebih menarik. Dengan latar belakang tersebut penulis terdorong untuk melakukan penelitian pada rumah sakit mata Dr.YAP dengan tujuan melakukan analisis dan perancangan sistem informasi berbasis web untuk sarana publikasi dan promosi pada Rumah Sakit Mata Dr.YAP Yogyakarta.

1.2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka pokok permasalahan yang dapat diambil adalah sebagai berikut :
 Bagaimana cara membuat dan menyajikan informasi pada Rumah Sakit Mata Dr.YAP secara efektif dan efisien?
Maksudnya, efektif untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi tentang rumah sakit, dan efisien untuk mempercepat waktu dalam mendapatkan informasi secara langsung.

1.3. Batasan Masalah
Untuk menghindari pembiasan makna terhadap masalah, penelitian hanya dibatasi pada visualisasi penyampaian informasi umum yang meliputi :
a. Home yang terdiri dari Profil, Pelayanan Rumah Sakit, Galeri, Fasilitas Rumah Sakit, dan Informasi tentang Penyakit mata
b. Fasilitas yang terdiri dari Buku Tamu, Tanya Jawab, dan Fasilita Pencarian
Software yang digunakan untuk mendesain website ini adalah PHP, My SQL, SwishMax, Adobe Photoshop 7.0, Corel Draw 11, Macromedia Dreamweaver MX 2004, HTML, Apache sebagai web server dan Internet Explorer 6.0 sebagai web browsernya.

1.4. Tujuan Penelitian
a. Menerapkan ilmu yang telah dipelajari selama mengikuti pendidikan ke dalam aplikasi nyata dengan harapan ilmu yang diperoleh bisa bermamfaat dan dapat diterapkan di dunia nyata.
b. Disusun untuk memenuhi syarat menyelesaikan pendidikan Strata-1 pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer “AMIKOM” Yogyakarta.
c. Menyusun suatu tahap pengembangan sistem dan penerapannya menjadi sistem baru yang lebih baik yang mampu menyediakan informasi bagi pengambil keputusan sebagai pertimbangan untuk mendapatkan keputusan yang tepat dan bermutu.
d. Melakukan pembenahan sistem penyampaian informasi, dari sistem yang lama ke dalam sebuah sistem baru yang lebih efisien dan efektif.
e. Memberikan informasi yang berkaitan dengan Rumah Sakit Mata Dr.YAP, dengan maksud agar masyarakat dapat mengetahui dengan jelas seluk beluk Rumah Sakit Mata Dr.YAP.
f. Memperkenalkan kepada masyarakat tentang salah satu wujud penerapan teknologi informasi khususnya desain Web.

1.5. Metode Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara :
a. Interview
Yaitu teknik pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan secara lisan untuk dijawab secara lisan pula yang ditujukan pada Pimpinan perusahaan dan karyawan rumah sakit.
b. Dokumentasi
Teknik pengumpulan data dengan cara mempelajari arsip-arsip yang berhubungan dengan masalah yang akan di pecahkan.
c. Metode Observasi
Yaitu dengan melakukan pengamatan langsung terhadap obyek penelitian.
d. Metode Perpustakaan
Yaitu menggunakan pustaka-pustaka yang telah ada untuk digunakan sebagai referensi atau bahkan digunakan sebagai bahan pembanding.

1.6. Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan, dan metode pengumpulan data.
BAB II DASAR TEORI
Berisi tentang sejarah internet, konsep dasar website, serta perangkat lunak yang digunakan dalam perancangan aplikasi.
BAB III TINJAUAN UMUM
Berisi tentang sejarah rumah sakit, visi dan misi rumah sakit, susunan organisasi rumah sakit, rawat inap, rawat jalan, jadwal praktek dokter, fasilitas / pelayanan rumah sakit.
BAB IV ANALISIS SISTEM
Berisi pembahasan tentang analisis sistem informasi yang sedang berjalan, identifikasi masalah, analisis sistem, macam analisis yang dilakukan, analisis biaya dan mamfaat.
BAB V PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM
Berisi pembahasan tentang kegiatan implementasi dan pembahasan sistem yang meliputi tentang perancangan sistem, rancangan database, perancangan halaman untuk Client, perancangan halaman untuk Admin, mekanisme Upload.
BAB VI PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan dan saran dari desain web yang telah dibuat serta saran bagi pengembangan situs tersebut.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi