Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

289. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Siswa Pada SMP N 1 Wates


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar belakang Masalah

System pengolahan data siswa merupakan salah satu fungsi dari kegiatan administrasi dalam memberikan pelayanan pada siswa dan untuk memenuhi setiap tuntutan informasi pihak pengelola. System pengelola data yang baik senantiasa dapat mengatasi masalah yang terjadi dan dapat menghasilkan informasi yang cepat, tepat dan akurat.

Computer merupakan alat pengolah data yang tepat dengan akses ketelitian yang tinggi dibandingkan dengan akses kerja manusia. Oleh karena itu penggunaan system komputerisasi sebagai alat Bantu yang akan menunjang didalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisian kepada pihak sekolah dan pihak siswa. System komputerisasi juga meningkatkan efektifitas kerja para karyawan, serta mempercepat dalam pembuatan laporan yang dibutuhkan, terutama laporan mengenai data-data yang berkaitan dengan siswa.

Data siswa yang berupa data pribadi, data orang tua, data tempat tinggal, data nilai semua terkumpul dalam satu buku induk SMP N 1 Wates. Data-data tersebut menjadi media umpan balik dalam pengolahan informasi tentang siswa.
Pengolahan data yang dijalankan pada SMP N 1 Wates ini umumnya masih bersifat manual sehingga dalam pengolahan data dan pembuatan laporan pada SMP N 1 Wates terkesan kurang efisien. Oleh karena itu penggunaan komputerisasi pengolah data sangat penting agar lebih efisien dari segi waktu. Meskipun fasilitas computer telah tersedia, hal ini kurang bisa dimanfaatkan secara optimal oleh lembaga guna mendukung kinerja system yang sedang berjalan.
Dari apa yang terungkap pada uraian latar belakang masalah diatas maka timbul beberapa masalah yang akan dihadapi diantaranya
1. Waktu yang digunakan untuk membuat laporan kepada pimpinan agak lambat.
2. System pelayanan kebutuhan informasi kurang cepat.
3. Pada pengolahan data masih menggunakan system manual sehingga tidak efektif dan efisien.
4. Pengecekan perolehan informasi data khususnya siswa sangat lambat.
Masalah-masalah tersebut timbul disebabkan oleh adanya factor-faktor yang kurang mendukung, keterbatasan teknologi dan penguasaan ilmu tentang computer.
Dengan melihat kenyataan inilah, sehingga penulis terdorong untuk mengadakan penelitian dengan judul “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SISWA PADA SMP N 1 WATES” serta berupaya semaksimal mungkin untuk mengembangkan system yang terkomputerisasi sehingga bermanfaat bagi SMP N 1 Wates.

1.2 Rumusan masalah

Dengan adanya permasalahan seperti diatas, penulis mencoba memberikan solusi dengan membuat sebuah aplikasi yang dapat digunakan dalam pemasukan data meliputi data siswa, data guru, data nilai, data mata pelajaran dan data kelas dengan harapan aplikasi tersebut dapat menghemat waktu serta tenaga dalam pengolahan data serta pembuatan laporan.

1.3 Batasan masalah

Mengingat begitu luasnya ruang lingkup permasalahan pengolahan data di SMP N 1 Wates, penulis hanya membatasi pada beberapa masalah saja karena adanya keterbatasan waktu, biaya, tenaga dan kemampuan penulis juga disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada SMP N 1 Wates masalah yang diteliti adalah system informasi siswa meliputi
1. Pengolahan data siswa
2. Pengolahan data nilai siswa.
3. Pengolahan data guru.
4. Pengolahan data mata pelajaran.
5. Pengolahan data kelas.
Batasan tersebut dimaksudkan untuk lebih memudahkan pembuatan dan kejelasan mengenai masalah yang akan disampaikan namun tidak menutup kemungkinan batasan tersebut dapat bertambah ataupun berubah. Hal ini tergantung pada situasi lapangan.

1.4 Tujuan dan Manfaat

Pembuatan skripsi ini mempunyai tujuan utama yaitu sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan program strata satu (S1) di STMIK Amikom Yogyakarta namun secara khusus juga memiliki tujuan sebagai berikut :
a. Menambah wawasan dan pengetahuan tentang data siswa pada suatu dunia pendidikan
b. Mengaplikasikan teori maupun praktek yang pernah diberikan pada waktu kuliah dengan permasalahan yang ada didunia pendidikan.
c. Membuat system pengolahan data siswa yang terkomputerisasi dengan menggunakan Visual Basic 6.0.
d. Membantu dalam pengembangan system pengolahan data siswa.
e. Agar lebih memahami fungsi computer sebagai alat Bantu dalam pengolahan data, khususnya pengolahan data siswa.
Berdasarkan tujuan diatas, maka penelitian yang dilakukan penulis ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada:
1. Penulis
Sebagai tambahan pengalaman bagi penulis dalam mengaplikasikan berbagai disiplin ilmu yang didapat selama duduk dibangku kuliah terutama ilmu teori yang menyangkut pokok bahasan manajemen computer, serta menambah pengetahuan tentang situasi lingkungan dunia kerja dan kegiatan operasional.
2. Organisasi/Lembaga
Sebagai bahan kajian dan pertimbangan dalam mengimplementasikan system pengolahan data serta penetapan kebijakan-kebijakan dalam mengelola, mengendalikan dari pemborosan diakibatkan pengolahan secara manual dan mengembangkan system yang ada menjadi system yang baru, yang mampu memberikan informasi yang cepat dan akurat sehingga berguna bagi perencanan pada periode mendatang.

1.5 Sistematika skripsi

BAB I Pendahuluan. Pada bab ini dibicarakan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah manfaat dan sistematika penulisan.
BAB II Landasan Teori. Bab ini berisi teori-teori yang mendasari pembuatan skripsi.
BAB III Profil dari instansi tempat dilaksanakannya skripsi atau sasaran dari aplikasi program. Pada bab ini dibicarakan tentang profil, struktur organisasi-organisasi SMP N 1 Wates serta tugas dari masing masing elemen yang berhubungan dengan data siswa
BAB IV Analisis Dan Perancangan System. Bab ini berisi tentang analisis dari sistem yang telah ada, analisis yang digunakan meliputi analisis kebutuhan sistem, analisis PIECES, kelemahan sistem, kelayakan sistem, perancangan program aplikasi dari system informasi yang dibuat.
BAB V Implementasi System. Bab ini berisi penjelasan penggunaan program aplikasi yang dibuat.
BAB VI Kesimpulan Dan Saran. Kesimpulan dari skripsi dijelaskan dalam bab ini, dan diberikan pula saran-saran yang membangun tentang kekurangan yang ada pada skripsi.

1.6 Metode Pengumpulan Data

Untuk mendukung kelengkapan serta kelancaran data penyelesaian laporan karya tulis ini, diperlukan data dan informasi yang akan dicapai. Adapun untuk memperoleh data-data tersebut menggunakan beberapa metode meliputi :
1. Observasi langsung terhadap objek penelitian karya tulis
Observasi terhadap obyek penelitian karya tulis secara langsung melakukan tanya jawab kepada sumber untuk mengetahui secara nyata permasalahan yang dihadapi dan akan dibahas.
2. Wawancara
Wawancara ini penulis lakuakan untuk mengetahui secara pasti tentang kesesuaian perancangan sistem yang dibuat.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi