Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

302. Perancangan Perangkat Lunak Belajar Bahasa Mandarin dan Website Promosi


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang
Bahasa Mandarin dapat dikategorikan sebagai salah satu bahasa terpopuler di dunia, digunakan di RRC, Taiwan, Hongkong, Singapura, dan negara-negara Asia lainnya. Terdapat sekitar 885 juta orang yang menggunakan bahasa Mandarin, yang merupakan dialek yang paling umum. Banyak sekali dialek bahasa Mandarin, semuanya berbeda dalam pengucapan, tetapi penulisan karakter Mandarin adalah sama. Pertumbuhan ekonomi RRC yang sedemikian pesat juga memicu semakin banyak orang untuk mempelajari bahasa ini agar bisa turut ambil bagian dalam setiap perkembangannya.

Oleh sebab itu, perlu adanya suatu sistem yang mampu membantu pengguna bahasa Mandarin sebagai bahasa asing, khususnya orang Indonesia, untuk mempelajari bahasa Mandarin dasar yang baik dan benar. Untuk mendukung pemasaran perangkat lunak ini nantinya, akan dibuat suatu website promosi. Penggunaan website sebagai promosi diyakini akan menjadi tren promosi masa depan, dimana biayanya lebih murah daripada melakukan promosi secara konvensional dan dapat menjangkau calon pelanggan yang tak terbatas.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis ingin merancang sistem dengan judul “Perangkat Lunak Belajar Bahasa Mandarin dan Website Promosi”.

1.2 Perumusan Masalah
Melalui uraian di atas, maka yang menjadi permasalahan dalam tugas akhir ini adalah bagaimana untuk :
1. Merancang perangkat lunak yang disertai fasilitas multimedia agar proses belajar menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti.
2. Membuat website khusus untuk promosi.

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah merancang sebuah perangkat lunak belajar bahasa Mandarin dengan fasilitas multimedia, seperti : gambar, animasi, dan suara yang dapat mendukung proses belajar.
Penggunaan website yang cukup menarik sebagai media promosi untuk menjangkau calon pelanggan dalam jumlah banyak.

1.4 Pembatasan Masalah
Pembatasan masalah yang diambil secara umum dalam pembahasan ini adalah :
1. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam merancang perangkat lunak belajar bahasa Mandarin adalah Microsoft Visual Basic 6.0, sedangkan website promosi dirancang dengan Microsoft FrontPage 2000.
2. Pengadaan bahan pelajaran, kosa kata, dan latihan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna tingkat dasar saja.
3. Karakter Mandarin yang dibahas diupayakan yang tidak terlalu rumit dan hanya terdiri dari satu karakter saja.
4. Animasi penulisan karakter diedit dengan CorelDRAW 10, Adobe Photoshop 6.0, dan Macromedia Flash 5.
5. Pelafalan karakter Mandarin dilafalkan oleh penulis dan direkam dengan alat bantu mikrofon dengan aplikasi Sound Recorder yang terdapat dalam sistem operasi Windows 98 secara default pada Start Menu Programs > Accessories > Entertainment.
6. Penulis menggunakan perangkat lunak Microsoft Personal Web Server untuk menguji apakah website sudah berfungsi dengan baik sebelum diupload ke internet.
7. Perancangan website hanya sebagai alat promosi saja, proses pembelian dan pemesanannya akan dilakukan secara manual.

1.5 Metodologi Penyelesaian
Adapun metodologi penyelesaian masalah yang penulis lakukan adalah sebagai berikut :
1. Mempelajari lebih mendalam bahan-bahan pelajaran Mandarin dasar.
2. Mengumpulkan bahan yang berkaitan dengan karakter Mandarin yang akan digunakan.
3. Mencari dan mengedit gambar yang akan digunakan dalam program aplikasi.
4. Membuat animasi penulisan karakter Mandarin.
5. Merekam suara pelafalan karakter.
6. Menentukan menu dan sub-menu dalam program aplikasi.
7. Merancang antar muka yang bersifat user friendly.
8. Merancang program aplikasi.
9. Merancang website promosi.
10. Melakukan pengujian terhadap program aplikasi.
11. Melakukan pengujian terhadap website promosi.
12. Mengupload website ke internet.
13. Melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan.
14. Melakukan implementasi dan pengujian.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi