Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

309. Penyelesaian Masalah Kendi Air (Water Jug Problem)


BAB I
PENDAHULUAN


I.1. Latar Belakang
Permasalahan teko air merupakan suatu permasalahan klasik dalam bidang ilmu Artificial Intelligence (AI). Permasalahan ini dapat diilustrasikan seperti berikut, terdapat 2 buah teko air masing-masing memiliki kapasitas x dan y liter. Permasalahannya adalah bagaimana mendapatkan air sebanyak n liter dengan menggunakan bantuan kedua teko air tersebut dan mengambil asumsi bahwa sumber air tidak terbatas. Aksi-aksi yang dapat dilakukan, antara lain mengisi teko air, mengosongkan teko air dan menuangkan isi teko air ke teko air lain.
Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan menerapkan konsep AI yaitu dengan bantuan pohon pelacakan dan menerapkan metode pencarian melebar pertama (breadth-first search / BFS). Pencarian solusi dimulai dari kondisi dimana kedua teko kosong (node akar dari pohon pelacakan). Proses dilanjutkan dengan menggambarkan kondisi (state) berikutnya (dengan melakukan aksi terhadap state sebelumnya) hingga semua state diperiksa dan mendapatkan tujuan (goal state).
Berdasarkan uraian di atas, maka dipilih tugas akhir (skripsi) yang bertujuan untuk mencari penyelesaian atau solusi terhadap permasalahan teko air dengan bantuan pohon pelacakan dan metode pencarian melebar pertama (breadth-first search).

I.2. Identifikasi Masalah
Sesuai dengan uraian dalam latar belakang di atas, yang menjadi permasalahan dalam tugas akhir ini adalah bagaimana merancang perangkat lunak untuk mencari solusi permasalahan teko air.

I.3. Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak yang mampu untuk menyelesaikan permasalahan teko air.
Adapun manfaat dari penulisan tugas akhir ini, yaitu :
1. Membantu pemahaman permasalahan teko air.
2. Mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan teko air dengan menggunakan metode pencarian melebar pertama (breadth-first search).
3. Perangkat lunak dapat digunakan sebagai fasilitas pendukung dalam proses belajar mengajar.

I.4. Batasan Masalah
Adapun pembatasan masalah dalam perancangan perangkat lunak ini antara lain :
1. Ukuran dari teko air dibatasi maksimal 99 liter dan minimal 1 liter.
2. Ukuran dari kedua teko air tidak boleh sama.
3. Input dari perangkat lunak berupa bilangan bulat positif.
4. Volume air yang diinginkan tidak boleh melebihi ukuran kapasitas teko air.
5. Perangkat lunak mengambil asumsi bahwa sumber air tidak terbatas.
6. Metode pencarian yang digunakan untuk mencari solusi adalah metode pencarian melebar pertama (breadth-first search).
7. Menggunakan software Microsoft Visual Basic 6.0 untuk membangun program dan sebagai interface bagi user.

I.5 Sistematika Penulisan
Agar pembahasan lebih sistematika, maka tulisan ini dibuat dalam lima bab, yaitu :
Bab I Pendahuluan
Berisi latar belakang, identifikasi masalah, tujuan dan manfaat, batasan masalah dan sistematika penulisan.
Bab II Landasan Teori
Berisi tentang pengertian AI, macam-macam representasi dalam AI, skema representasi, pencarian heuristik (heuristic search), metode pencarian dan pelacakan, masalah ruang dan keadaan, deskripsi permasalahan teko air, contoh pencarian solusi permasalahan teko air, dan teori-teori dasar mengenai model dan simulasi.
Bab III Analisis
Berisi tentang pembahasan mengenai proses pencarian solusi dari permasalahan teko air.
Bab IV Perancangan dan Implementasi
Berisi tentang perancangan perangkat lunak, algoritma dan implementasi dari perangkat lunak.
Bab V Kesimpulan dan Saran
Berisi tentang kesimpulan yang dapat ditarik setelah menyelesaikan tugas akhir ini dan saran-saran yang dapat diberikan untuk pengembangan perangkat lunak lebih lanjut.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi