Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

322. Analisis Sistem Informasi Perparkiran pada Grand Angkasa International Hotel


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang
Dewasa ini, perusahaan-perusahaan baik besar maupun kecil telah berbondong-bondong untuk menggunakan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mendukung proses operasional perusahaan. Keberadaan komputer dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan telah meningkatkan efisiensi tenaga dan waktu.

Salah satu contoh penerapan yang paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah penerapan program komputer dalam mengatur perparkiran di mal, plaza, gedung dan hotel. Akhir-akhir ini, hampir seluruh mal, plaza, gedung dan hotel yang ada di kota Medan ini menggunakan penerapan program komputer untuk mengatur proses perparkiran. Program komputer tersebut sering disebut sebagai Sistem Informasi Perparkiran.
Sebelumnya, jika menggunakan proses manual untuk melakukan proses pencatatan kendaraan yang masuk dan keluar, maka akan memakan waktu yang cukup lama untuk melakukan proses analisis terhadap data kendaraan tersebut sehingga tidak efisien. Kemungkinan lainnya yang dapat terjadi yaitu data yang dicatat pada lembaran kertas tersebut dapat hilang, kotor, ataupun terbakar. Maka untuk mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut, banyak perusahaan pengelolaan perparkiran telah beralih ke program komputer. Data kendaraan yang masuk dan keluar akan di-input oleh operator ke dalam komputer. Kemudian, berdasarkan data kendaraan yang di-input tersebut, program komputer akan menganalisis dan memberikan berbagai laporan yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan. Dengan adanya program komputer ini, maka laporan-laporan yang didapatkan akan jauh lebih efektif, efisien dan akurat dibandingkan dengan menggunakan sistem manual.

Berdasarkan uraian yang disebutkan di atas, penulis merasa tertarik untuk menganalisis sistem perparkiran tersebut. Oleh karena itu, penulis memilih tugas akhir dengan judul “Analisis Sistem Informasi Perparkiran pada Grand Angkasa International Hotel”.

1.2 Permasalahan
Permasalahan dari sistem perparkiran adalah bahwa pimpinan tidak dapat mengetahui jumlah mobil yang masuk, mobil yang keluar, dan sisa mobil yang ada di areal perparkiran sekaligus penerimaan uang.
Namun, karena keterbatasan waktu dan kemampuan penulis, maka perlu diberikan batasan masalah sebagai berikut :
1. Sistem informasi yang dibahas hanya mencakup sistem informasi pencatatan data kendaraan mobil dan proses analisis terhadap data tersebut.
2. Input dari perangkat lunak yang dirancang mencakup data kendaraan masuk dan keluar, jam masuk dan keluar, dan biaya parkir.
3. Output yang dapat dihasilkan berupa :
i. Laporan penerimaan uang per hari, per bulan dan per tahun. Laporan ini dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
i. Per operator.
ii. Total.
ii. Daftar sisa kendaraan dalam lokasi perparkiran.
iii. Daftar total kendaraan per hari, per bulan dan per tahun. Laporan ini dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
i. Per operator.
ii. Total.
4. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Microsoft Visual Basic 6.0.
5. Pembuatan dan perancangan database menggunakan Microsoft Access 2000.
6. Pembuatan dan perancangan laporan menggunakan aplikasi Seagate Crystal Report 8.5.

1.3 Tujuan
Adapun tujuan penulisan tugas akhir ini adalah mengembangkan sistem informasi perparkiran yang dapat diterapkan langsung di Grand Angkasa International Hotel.

1.4 Manfaat
Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari penulisan tugas akhir ini adalah proses analisis terhadap data kendaraan yang di-input untuk mendapatkan laporan-laporan yang efektif dan akurat untuk keperluan manajemen pada Grand Angkasa International Hotel.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi