Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

49. Implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MD) Di Desa Monggot Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan


ABSTRAK

Skripsi. Judul. Implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Di Desa Monggot Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2010. 102 Halaman.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPMMD) dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin di perdesaan dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan. Permasalahan desa bersama masyarakatnya, sangat spesifik dan tidak dapat di sama-ratakan untuk semua desa. Dengan adanya fiscal transfer ke desa tersebut, maka diharapkan masing-masing desa bersama warganya mampu menyelesaikan masalah mereka sendiri.

Berdasarkan pada permasalahan yang disajikan dalam penelitian ini, penulis ingin lebih menekankan pada suatu proses yaitu implementasi kebijakan, maka jenis penelitian ini adalah penelitian pelaksanaan program dengan menggunakan tingkat penelitian deskriptif yang studi kasusnya mengarah pada pendiskripsian secara rinci dan mendalam mengenai potret kondisi tentang apa yang sebenarnya terjadi menurut apa adanya di lapangan studinya dengan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan juga snowball sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif. Pengujian validitas dilakukan dengan teknik triangulasi data.

Dari hasil penelitian, Desa Monggot Kecamatan Geyer sudah melaksanakan PNPM MD dengan baik dan sesuai petunjuk teknis operasional PNPM MD. Namun dalam pelaksanaannya masih ada beberapa hambatan yang terjadi. Antara lain adalah hambatan dalam komunikasi antara pihak Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), warga serta pihak kecamatan. Hal ini disebabkan tahapan sosialisasi yang singkat, sehingga dirasa kurang mengena dan kurang mendalam. Selain itu ketidaksiapan implementator dalam memahami sistem administrasi PNPM-MD dalam tahapan pelaporan penggunaan dana sedikit menghambat pelaksanaan kebijakan ini. Rekomendasi yang diberikan penulis agar pelaksanaan PNPM MD menjadi lebih baik di masa mendatang adalah perbaikan dalam hal sosialisasi, supaya penyampaian program kepada masyarakat dapat lebih detail dan mendalam. Pelatihan-pelatihan yang lebih baik kepada TPK dalam hal sistem administrasi PNPM MD, serta komunikasi yang intensif antar pelaku PNPM MD harus dijaga dan ditingkatkan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi