Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

78. Problema Penyeberangan Sungai (Crossing Rivers Problem)


BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

State merupakan representasi suatu keadaan pada suatu saat ataupun dekripsi konfigurasi sistem. State and space adalah semua state yang mungkin dan biasanya digambarkan sebagai jaringan dengan verteks merupakan state dan edge merupakan perubahan yang mungkin. Representasi state and space memungkinkan definisi formal suatu masalah sebagai persoalan dengan mengubah status dengan menggunakan sekumpulan operator (rule) dan juga mendefinisikan masalah sebagai search yaitu mencari lintasan di dalam state and space dari initial state ke goal state. Salah satu problema yang terdapat dalam state and space ini adalah Farmer’s problem (problema petani) yang dapat didekripsikan sebagai berikut, seorang petani akan menyeberangkan seekor kambing, seekor serigala dan sayur-sayuran dengan sebuah rakit yang melalui sungai. Rakit hanya mampu memuat petani dan satu penumpang yang lain (kambing, serigala atau sayur-sayuran). Jika ditinggalkan oleh petani tersebut, maka sayur-sayuran akan dimakan oleh kambing dan kambing akan dimakan oleh serigala dan hanya petani yang dapat mengemudikan rakit.

Problema ini akan dimodifikasi sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan semua persoalan yang hampir mirip dengan problema ini. Problema ini dapat diselesaikan dengan menggunakan tahapan-tahapan berikut ini. Tahapan pertama dimulai dari identifikasi ruang keadaan (state and space) yaitu dengan mendeklarasikan permasalahan ini dengan menentukan variabel-variabel yang terdapat dalam problema ini. Misalkan variabel yang terdapat dalam Farmer’s problem adalah petani, kambing, serigala dan sayur-sayuran. Kemudian, tentukan aturan-aturan yang terdapat dalam problema, dalam Farmer’s problem terdapat aturan bahwa serigala akan memakan kambing apabila petani tidak berada di tempat, kambing akan memakan sayuran apabila petani tidak berada di tempat, dan hanya petani yang dapat mengemudikan rakit. Kondisi awal adalah semua variabel masih terdapat pada tepi sungai kiri dan kondisi tujuan adalah semua variabel berada pada tepi sungai sebelah kanan. Problema diselesaikan dengan menggunakan bantuan pohon pelacakan. Kondisi-kondisi (state) yang mungkin digambarkan dalam struktur pohon dengan dimulai dari kondisi awal (start state) sebagai akar dari pohon. Proses dilanjutkan dengan menggambarkan kondisi (state) berikutnya yang dapat dibentuk dari state tersebut. Proses berlanjut hingga didapatkan kondisi tujuan (goal state) atau tidak terdapat kondisi baru yang dapat dikembangkan.

Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin merancang suatu perangkat lunak dengan judul ‘Perangkat Lunak Bantu Penyelesaian Masalah State and Space’.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi