Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

13. Novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga Karya Mira W. Dan Kemungkinannya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra Di Smp


SARI



Novel merupakan karya sastra yang mengungkapkan berbagai aspek kehidupan di dalam masyarakat, yang dibangun melalui unsur intrinsik dan ekstrinsik serta nilai pendidikan. Nilai pendidikan tersebut juga terdapat dalam novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. Novel tersebut merupakan sebuah totalitas yang terbangun oleh berbagai unsur intrinsiknya yang koherensif dan padu. Dengan mencermati dan mempelajari alur, latar, para tokoh, gaya dan tema pada novel ini akan mendapatkan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya sehingga mampu mempengaruhi perkembangan peserta didik menjadi masyarakat yang berakhlak mulia atau berbudi luhur. Nilai-nilai pendidikan itu jika digali dan diajarkan dapat membentuk watak siswa yang berbudi pekerti luhur dan dapat menempa jiwa mereka menjadi pribadi-pribadi yang tangguh. Oleh karena itu penulis tertarik untuk membahas novel tersebut sebagai obyek penelitian.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah unsur intrinsik novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. dari segi sastra, dan mungkinkah Novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W dijadikan bahan ajar apresiasi sastra di SMP.

Tujuan dari penelitian ini adalah menunjukkan unsur intrinsik novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. dari segi sastra, menilai mungkin tidaknya novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. di jadikan bahan ajar apresiasi sastra di SMP.

Sesuai permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, maka pendekatan yang digunakan adalah memakai teknik pendekatan secara obyektif.sedangkan unsur-unsur yang diteliti adalah nilai-nilai pendidikannya dan mencari kemungkinan nilai-nilai pendidikan tersebut sebagai bahan ajar apresiasi sastra di SMP.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. memiliki unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel. Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. adalah nilai pendidikan etika, pendidikan moral, pendidikan sosial, dan pendidikan religius. Novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga bisa dijadikan bahan ajar apresiasi Sastra Indonesia untuk SMP, karena sesuai dengan prinsip-prinsip dan kriteria bahan ajar apresiasi Sastra Indonesia untuk SMP.

Mengingkat belum maksimal mengungkap kemungkinan bahan ajar apresiasi sastra di SMP dan belum dibahasnya metode pengajarannya, dalam penelitian ini kami sarankan perlu adanya penelitian lanjutan, sehingga benar-benar dapat menambah khasanah penelitian dari sastra khususnya novel.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi