Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

16. Pengaruh Perubahan Tegangan Ac Dalam Sistem Elektrorotasi Terhadap Kecepatan Anguler Sel Telur Ikan Lele


ABSTRAK



Sel biologis merupakan kumpulan dari partikel bermuatan. Jika sel biologis termasuk sel telur ikan Lele ditempatkan dalam medan listrik, maka terjadi gaya interaksi antar muatan yang diselidikai dengan teknik elektrorotasi. Teknik elektrorotasi dilakukan dengan menempatkan sel biologis di antara dua elektroda silindris yang dipasang secara paralel. Kemudian elektroda tersebut dihubungkan dengan tegangan AC. Elektroda silindris akan menyebabkan timbulnya medan listrik disekitar elektroda tersebut. Jika terdapat dua sel biologis maka adanya medan listrik akan menginduksi partikel – partikel di sekitarnya sehingga timbul dipol listrik. Medium yang digunakan untuk menempatkan sampel dan elektrode menggunakan Aquabides. Pengamatannya menggunakan mikroskup dan hasil pengamatan direkam di komputer dengan menggunakan kamera yang terpasang pada mikroskup.Penelitian ini merupakan perpaduan antara hasil penelitian dan simulasi. Data dalam penelitian ini terdiri dari besarnya tegangan AC sebagai varibel terikat dan kecepatan anguler sebagai variabel tergantung.

Hasil penelitian secara eksperimen saat tegangan kecil antara 0 – 150 volt, kecepatan anguler sama dengan 0 artinya tegangan tidak berpengaruh terhadap kecepatan anguler sel telur ikan Lele. Tegangan berpengaruh terhadap kecepatan anguler sel telur ikan Lele secara non linier, dengan pengaruh terbesar mulai tegangan 160 volt dengan kecepatan anguler sekitar 0.09 rad/detik dan memuncak pada tegangan 240 volt dengan kecepatan anguler sekitar 0.9 rad/det. Secara simulasi, dengan range (selang) tegangan yang konstan yaitu setiap 10 volt, tegangan berpengaruh terhadap kecepatan anguler sel telur ikan Lele secara non linier, saat tegangan 160 volt dengan kecepatan anguler sekitar 0.006 rad/detik dan memuncak pada tegangan 240 volt dengan kecepatan anguler sekitar 0.05 rad/det.

Perbedaan hasil perhitungan secara teoritis dan eksperimen yang signifikan menunjukan rumus perhitungan teoritis hanya cocok untuk sel yang ukurannya kecil (skala mikro). Faktor alat juga ketelitian pengamatan sangat perpengaruh terhadap hasil eksperimen. Antara kecepatan anguler dan tegangan mempunyai hubungan yang non linear. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa: (1) secara eksperimen dan simulasi, Tegangan berpengaruh terhadap kecepatan anguler sel telur ikan Lele secara non linier. (2) Perbedaan hasil perhitungan secara simulasi dan eksperimen yang signifikan menunjukan rumus perhitungan teoritis hanya cocok untuk sel yang ukurannya kecil (skala mikro).
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi