Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

17. Akumulasi Merkuri Pada Daging Ikan Mas Yang Diperlakukan Di Dalam Laboratorium


ABSTRAK



Penelitian mengenai akumulasi merkuri pada biota air khususnya ikan sangat penting karena sifat merkuri yang bioakumulatif. Ikan mas merupakan salah satu bahan konsumsi manusia yang secara tidak langsung dengan proses rantai makanan akan memindahkan akumulasi logam berat merkuri kepada organisme yang lebih tinggi tingkat trofiknya seperti manusia. Dari penjelasan tersebut diatas maka timbul permasalahan berapa besar akumulasi Hg pada daging ikan mas yang didedahkan pada tingkatan waktu pendedahan merkuri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akumulasi merkuri pada daging ikan mas pada berbagai tingkatan waktu pendedahan ikan mas dengan logam berat Hg.

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi Universitas Negeri Semarang. Adapun susunan penelitian terdiri dari 3 taraf waktu perlakuan pada konsentrasi di batas aman yaitu 0,02 ppm dan konsentrasi 0 ppm sebagai kontrol. Analisis akumulasi Hg dilakukan di BPPI Kota Semarang dengan teknik AAS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa akumulasi terbesar pada konsentrasi HgCl 0,02 ppm pada minggu keenam, hal ini dikarenakan semakin lama waktu pendedahan maka akumulasi Hg juga akan semakin bertambah besar. Dari data penelitian didapatkan akumulasi Hg terbesar pada perlakuan di minggu keenam sebesar 0,05 ppm, nilai tersebut tidak melebihi ambang batas maksimal yang ditentukan oleh SNI serta WHO yaitu yang menyebutkan ambang batas maksimal Hg pada ikan sebesar 0,5 ppm.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa diketahui terdapat akumulasi merkuri pada daging ikan setelah pemberian merkuri dengan konsentrasi 0,02 ppm setiap minggu selama 6 minggu sebesar 0,05 ppm. Saran yang dapat disampaikan dari penelitian ini Bagi masyarakat sebaiknya berhati-hati dan waspada dalam mengkonsumsi ikan yang terkontaminasi merkuri meskipun pada batas aman karena sifat merkuri yang bioakumulatif sehingga dapat terakumulasi dalam tubuh apabila dikonsumsi secara terus-menerus serta perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai akumulasi merkuri pada organisme hidup dengan waktu yang lebih lama atau dengan konsentrasi merkuri dibuat dengan variasi adanya peningkatan konsentrasi merkuri pada medium dan yang tidak atau dengan variasi pada faktor lingkungan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi