Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

238. Analisis Reaksi Investor Terhadap Pengumuman Penurunan Pembayaran Dividen


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Masalah

Pada dasarnya dana yang dimiliki setiap orang dapat ditanamkan ke dalam berbagai investasi, seperti investasi pada proyek, investasi pada perdagangan valuta asing, obligasi maupun investasi saham. Investasi pada saham merupakan suatu alternatif investasi yang cukup menarik karena seorang investor dapat berspekulasi dan berharap bahwa saham yang dimilikinya saat itu akan mendatangkan keuntungan. Keuntungan yang didapat melalui investasi ini antara lain berasal dari capital gain ataupun dividen. Capital gain dapat diperoleh jika harga saham saat ini lebih besar dibandingkan harga saham pada saat pembelian. Sedangkan dividen pada prinsipnya adalah keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham.

Dividen dianggap memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan capital gain. Hal ini dikarenakan dividen diterima menurut dasar periode berjalan sementara prospek realisasi keuntungan modal diperoleh di masa depan, artinya untuk memperoleh capital gain investor harus berani untuk berspekulasi bahwa harga saham yang akan datang lebih besar daripada saat pembelian sehingga dividen dianggap lebih menguntungkan dibandingkan capital gain. Kelebihan inilah yang menyebabkan dividen menjadi salah satu faktor mengapa banyak investor menginginkan keuntungan dalam bentuk dividen dan mungkin
mendapatkan dividen dalam nilai yang tinggi. Selain keuntungan yang bisa didapat, sisi resiko juga mungkin bisa terjadi antara lain :
1. Resiko tinggi, karena pemodal memiliki hak klaim yang terakhir bila emiten bangkrut (ini terjadi pada saham biasa).
2. Tidak menerima pembayaran dividen (saham biasa).
3. Menderita capital loss.
4. Emiten bangkrut maka pembayaran hasil likuidasi urutannya berada dibawah pemegang obligasi.

Bagi perusahaan keputusan pembagian dividen merupakan masalah yang sering dihadapi. Manajemen sering mengalami kesulitan untuk memutuskan apakah akan membagi dividennya atau akan menahan laba untuk diinvestasikan kembali pada proyek-proyek yang menguntungkan guna meningkatkan pertumbuhan perusahaan. Keputusan untuk menentukan berapa banyak dividen yang harus dibagikan kepada investor disebut dengan kebijakan dividen.

Kebijakan ini bermula dari bagaimana perlakuan manajemen terhadap keuntungan yang diperoleh perusahaan. Pada umumnya, sebagian dari penghasilan bersih sesudah pajak (EAT) dibagikan kepada para investor dalam bentuk dividen, dan sebagian lagi diinvestasikan kembali dalam bentuk laba ditahan. Kebijakan pembagian dividen tergantung pada keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dividen yang dibagikan oleh perusahaan bisa tetap (tidak mengalami perubahan) dan bisa juga mengalami perubahan (ada kenaikan atau penurunan) dari dividen yang dibagikan sebelumnya.

Salah satu informasi yang dipandang cukup penting bagi investor yaitu informasi tentang naik turunnya dividen yang dibagikan perusahaan karena informasi tersebut mengandung muatan informasi yang berkenaan dengan prospek keuntungan yang akan diperoleh para investor atau calon investor dalam melakukan penilaian perusahaan. Pengumuman perubahan dividen mempunyai pengaruh terhadap reaksi pasar yang ditunjukkan dengan perubahan harga saham dan volume perdagangan. Berkaitan dengan kebijakan dividen tersebut terlihat bahwa terdapat beberapa pihak yang saling berbeda kepentingan yaitu pihak investor dan perusahaan itu sendiri. Perusahaan lebih senang menahan keuntungan untuk diinvestasikan kembali, sedangkan pihak investor lebih memilih pembayaran dividen saat ini daripada menundanya untuk direalisir dalam bentuk capital gains. Perbedaan yang timbul antara pihak investor dengan perusahaan merupakan masalah yang harus dipecahkan. Apalagi jika masalah tersebut berkaitan dengan adanya pengumuman perubahan dividen yang dilakukan oleh suatu perusahaan terhadap investornya.

Perubahan pembayaran mencakup dua hal yaitu pengumuman dividen meningkat dan dividen menurun Biasanya kenaikan dividen disebabkan oleh meningkatnya laba yang diperoleh perusahaan atau juga karena perusahaan ingin mempertahankan kepercayaan kepada investor bahwa perusahaan memiliki ekspektasi yang baik di masa mendatang. Karena kenaikan dividen ini memberikan sinyal positif kepada investor mengenai prospek perusahaan maka investor akan tetap menginvestasikan dananya pada perusahaan tersebut. Sedangkan penurunan dividen biasanya disebabkan oleh dua hal yaitu karena
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi