Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

253. Sistem Akuntasi Penerimaan Kas Pada Pt. Techpack Asia Demak


Abstraksi



Kas dalam neraca merupakan jenis aktiva lancar yang paling liquid karena hampir setiap transaksi baik yang dilakukan di dalam maupun dengan pihak luar perusahaan sebagian besar mempengaruhi kas. Sistem akuntansi penerimaan kas dapat menjelaskan dan menggambarkan aliran penerimaan kas serta menjamin keamanan dan pengendalian kas tersebut. Dengan demikian sistem akuntansi yang disusun tersebut akan memberi informasi penerimaan kas. Pokok permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem penerimaan kas yang ada pada PT. Techpack Asia Demak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui system akuntansi penerimaan kas pada PT. Techpack Asia Demak.

Lokasi penelitian ditetapkan pada PT. Techpack Asia Demak yang beralamatkan di Jl. Raya Karangawen Km 18 kec Karangawen kab Demak. Objek kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem penerimaan kas pada PT. Techpack Asia Demak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Penyajian data penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan kenyataan yang terjadi bersifat umum dan kemungkinan masalah yang dihadapi serta solusinya. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu analisis yang tidak didasarkan pada perhitungan statistik yang berbentuk kuantitatif (jumlah) akan tetapi dalam bentuk pernyataan dan uraian yang selanjutnya akaan disusun secara sistematis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem akuntansi penerimaan kas pada PT. Techpack Asia Demak berasal dari pelunasan piutang mengingat sulitnya pembayaran dari customer melalui penjualan tunai. System penerimaan kas dari piutang dilakukan melalui penagih perusahaan dan trasfer antar bank. Uang kas yang diterima dari pelunasan piutang baik melalui penagih perusahaan maupun trasfer antar bank langsung disetor ke bank perusahaan yaitu HSBC. Pelunasan piutang dengan transfer antar bank dilakukan mengingat banyaknya customer yang berasal dari luar kota bahkan dari luar negeri. Bagian-bagian yang terkait dalam system akuntansi penerimaan kas PT. Techpack Asia Demak yang berasal dari pelunasan piutang melalui transfer antar bank maupun penagih perusahaan yaitu bagian piutang/ penjualan, bagian akuntansi bagian kas dan bagian pemeriksa intern. Dokumen yang digunakan dalam system akuntansi penerimaan kas melalui transfer antar bank yaitu invoice dan bukti bank masuk. Sedangkan dokumen yang digunakan dalam system akuntansi penerimaan kas melalui penagih perusahaaan yaitu invoice, kuitansi, bukti cheque/ BG masuk, bilyet giro dan bukti bank masuk.Catatan akuntansi yang digunakan dari pelunasan piutang baik melalui transfer antar bank maupun penagih perusahaan yaitu jurnal bank masuk (bank receive journal) dan rekonsiliasi bank. Pengendalian intern yang ada di perusahaan yaitu pemisahan fungsi antara bagian kasir dengan bagian akuntansi, memakai rekening bank dalam penerimaan piutang, adanya rekonsiliasi bank dan pemeriksaan catatan akuntansi setiap hari.

Saran bagi PT. Techpack Asia Demak, diharapkan dapat lebih memperketat pengawasan terhadap penerimaan kas supaya idak terjadi penyelewengan tehadap penerimaan kas. Serta ketegasan pada bagian penjualan dalam melakukan penagihan piutang pada customer.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi