Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

255. Analisa Perbandingan Aliran Kas Pt Aqua Golden Mississippi Tbk Sebelum Dan Selama Krisis Moneter


BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang Penelitian

Perkembangan perindustrian di Indonesia dewasa ini sangat cepat. Banyak industri dan pabrik-pabrik bermunculan. Berbagai macam hasil industri di pasarkan, diantaranya adalah produk air minum kemasan, yang mana merupakan salah satu contoh industri manufaktur yang kompleks. Didalamnya terdapat berbagai macam bagian yang saling berhubungan untuk berproduksi dan mencapai apa yang dijadikan tujuan dari perusahaan. Diantaranya adalah tenaga kerja, modal, bahan baku dan lain sebagainya. Namun, industri-industri tersebut banyak diantaranya yang harus menutup operasinya karena datangnya krisis ekonomi.

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak pertengahan tahun 1997 lalu, diawali dengan krisis nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat dimana krisis moneter telah mengakibatkan perekonomian Indonesia mengalami suatu resesi ekonomi yang besar. Kondisi moneter dan perekonomian di Indonesia yang sedang mengalami krisis sangat berpengaruh pada dunia usaha dan ketenagakerjaan dimana keadaan ini juga mengakibatkan kemerosotan pendapatan perkapita nasional yang tajam yang akhirnya juga menyebabkan penurunan permintaan atas semua produk hasil industri.

Begitu juga yang terjadi pada industri air minum kemasan, dimana krisis moneter memberikan dampak yang menyulitkan. Para produsen terpaksa menaikkan harga karena adanya peningkatan biaya produksi, tingkat pengangguran yang terus naik dan peningkatan biaya hidup banyak menyebabkan penurunan daya beli konsumen. Untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan, maka diperlukan sesuatu yang kiranya dapat terus menjamin berlangsungnya operasi perusahaan untuk jangka waktu selanjutnya. Sesuatu yang diperlukan itu adalah dana. Dana dapat diartikan sebagai modal kerja dan kas. Dana sebagai modal kerja menggambarkan suatu ringkasan sumber dan penggunaan modal kerja dan perubahan-perubahan unsur modal kerja selama periode yang bersangkutan. Sedangkan dana sebagai kas menggambarkan suatu ringkasan sumber dan penggunaan kas dan perubahan-perubahan unsur selama periode yang bersangkutan.

Dalam analisa ini, dana diartikan sebagai kas karena kas merupakan aktiva yang paling likuid atau merupakan salah satu unsur modal kerja yang paling tinggi tingkat likuiditasnya. Sedangkan likuiditas sangat penting bagi perusahaan karena dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan.

Melalui analisa aliran kas, maka dapat diketahui bagaimana perusahaan mengelola dana yang dimilikinya. Yang dimaksud laporan sumber dan penggunaan kas (aliran kas) adalah perubahan kas selama satu periode dan memberikan alasan mengenai perubahan kas tersebut dengan menunjukkan dari mana sumber-sumber kas dan penggunaannya.

Bagi perusahaan, dengan adanya aliran kas dapat digunakan sebagai dasar dalam menaksir kebutuhan kas dimasa mendatang dan kemungkinan sumber-sumber yang ada. Sedangkan bagi para kreditur atau bank, aliran kas dapat
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi