Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

26. Pengukuran Paparan Radiasi Pesawat Sinar-X Di Instalasi Radiodiagnostik Untuk Proteksi Radiasi


BAB I
PENDAHULUAN



1.1. LATAR BELAKANG MASALAH

Pemanfaatan radiasi pengion dalam bidang Radiodiagnostik untuk berbagai keperluan medik perlu memperhatikan dua aspek, yaitu resiko dan manfaat yang dicapai. Fakta menunjukkan bahwa instalasi radiologi bisa sangat rawan jika pengukuran proteksi dan paparan radiasi tidak dilakukan. Dampaknya secara langsung akan dirasakan oleh radiografer dan dampak yang tidak langsung akan dirasakan oleh masyarakat sekitar. Dengan demikian, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Tahun 2007 tentang Keselamatan dan Kesehatan terhadap Pemanfaatan Radiasi Pengion perlu adanya pengukuran paparan radiasi pesawat Sinar-X untuk proteksi radiasi, karena sangat penting bagi keperluan proteksi radiasi bagi petugas, pasien dan masyarakat. Hal ini merupakan salah satu bentuk program quality control bidang Radiodiagnostik yang dilakukan dengan mengadakan pengukuran kebocoran tabung pada pesawat Sinar-X dan pengukuran paparan radiasi. Untuk pengukuran paparan radiasi disekitar tabung pada pesawat Sinar-X, tolok ukur tingkat paparan radiasi tidak boleh lebih dari 100 mR/jam.

Sedangkan paparan radiasi sesuai dengan prosedur pemeriksaan yaitu tolok ukur tingkat paparan radiasi yang ditempati oleh pekerja radiasi tidak boleh melebihi 2,5 mR/jam, untuk penduduk umum tidak boleh melebihi 0,25 mR/jam (Siemens 2003). Sesuai dengan latar belakang diatas maka penelitian ini diberi judul “PENGUKURAN PAPARAN RADIASI PESAWAT SINAR-X DI INSTALASI RADIODIAGNOSTIK UNTUK PROTEKSI RADIASI”.

1.2. PERMASALAHAN
Permasalahan yang hendak dikaji dalam penelitian ini adalah
1. Mengukur paparan radiasi pada tabung pesawat Sinar-X.
2. Mengukur paparan radiasi di lingkungan ruang pesawat Radiodiagnostik.
3. Mengetahui aman atau tidak pesawat tersebut digunakan.

1.3. PENEGASAN ISTILAH
Untuk menghindari penafsiran yang berbeda terhadap beberapa istilah yang digunakan, maka diperlukan penegasan sebagai berikut :
1. Instalasi radiologi adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pelayanan radiologi, baik dengan peralatan radiasi pengion maupun bukan radiasi pengion.
2. Radiografer adalah orang melakukan kegiatan pelayanan radiologi yang menguasai radiografi medik.
3. Radiodiagnostik adalah pemanfaatan radiasi pengion dengan pesawat Sinar-X untuk tujuan diagnostik.
4. Pesawat Sinar-X adalah sumber radiasi yang didesain untuk tujuan diagnostik yang terdiri dari sistem Sinar-X dan subsistem Sinar-X.
5. Proteksi radiasi adalah kegiatan yang memainkan peran penting dalam memonitor radiasi guna menjaga keamanan dan keselamatan di area radiasi.

1.4. TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui paparan radiasi pada tabung pesawat Sinar-X dan mengetahui paparan radiasi di lingkungan pesawat Sinar-X Radiodiagnostik.

1.5. MANFAAT PENELITIAN
Manfaat dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat keamanan pesawat Sinar-X di ruang Radiodiagnostik yang digunakan untuk Radiografi Digital.

1.6. SISTEMATIKA PENYUSUNAN SKRIPSI
Untuk mempermudah dalam menelaah skripsi ini, maka dalam penyusunannya dibuat sistematika sebagai berikut:
1. Bagian awal skripsi
Bagian ini berisi halaman judul, halaman pengesahan, halaman motto, halaman persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar Tabel, dan daftar lampiran.
2. Bagian isi skripsi
Bagian ini terdiri dari lima bab yang meliputi :
a. Bab I. Pendahuluan
Bab ini memuat alasan pemilihan judul yang melatar-belakangi masalah, penegasan istilah, permasalahan, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika skripsi.
b. Bab II. Landasan Teori
Bab ini terdiri dari kajian mengenai landasan teori yang mendasari penelitian.
c. Bab III. Metode Penelitian
Bab ini menguraikan metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi. Metode penelitian ini meliputi; metode pengumpulan data, desain penelitian, dan metode analisis dan interpretasi data.
d. Bab IV. Hasil Penelitian dan Pembahasan
Bab ini berisi hasil-hasil penelitian dan pembahasannya.
e. Bab V. Penutup
Bab ini berisi tentang kesimpulan hasil penelitian dan saran-saran sebagai implikasi dari hasil penelitian.
3. Bagian akhir skripsi
Bagian ini berisi daftar pustaka dan lampiran-lampiran.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi