Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

26. Sumbangan Kekuatan Otot Lengan, Kecepatan Lengan Dan Panjang Lengan Terhadap Hasil Servis Atas Bola Voli Pada Peserta Ekstra Kurikuler Bola Voli P


SARI



Permasalahan yang hedak dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah sumbangan kekuatan otot lengan, kecepatan lengan dan penjang lengan terhadap hasil servis atas bola voli, dan 2) Berapa besar sumbangan masing-masing variabel terhadap hasil servis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui sumbangan kekuatan otot lengan, kecepatan lengan dan panjang lengan terhadap hasil servis atas bola voli, dan 2) Untuk mengetahui besarnya sumbangan masing-masing variabel terhadap hasil servis atas bola voli.

Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler bola voli putera SMA Negeri 1 Simo Boyolali berjumlah 23 orang. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling sehingga 23 orang peserta ekstrakurikuler bola voli putera SMA Negeri 1 Simo Boyolali dijadikan sampel penelitian. Variabel penelitian ini adalah kekuatan otot lengan, kecepatan lengan dan panjang lengan sebagai variable bebas sedangkan yang menjadi variabel terikatnya adalah hasil servis atas bola voli. Metode pengumpulan data menggunakan teknik suervey dengan teknik tes dan pengukuran. Data dianalisis menggunakan analisis regresi ganda.

Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,701. Uji keberartian koefisien determinasi gandan dengan analisis varians diperoleh Fhitung = 14,864 > Ftabel = 3,13 . Dengan demikian menunjukkan bahwa secara bersama-sama kekuatan otot lengan, kecepatan lengan dan panjang lengan terhadap hasil servis atas dalam permainan bola voli sebesar 70,1%. Sedangkan hasil analisis parsial diperoleh thitung untuk variabel kekuatan otot lengan sebesar 3,685 > ttabel = 2,08, nilai thitung untuk variabel kecepatan lengan sebesar 3,175 > ttabel = 2,08 dan nilai thitung untuk variabel panjang lengan sebesar 1,187 < ttabel = 2,08 yang berarti kekuatan otot lengan dan kecepatan lengan secara parsial memberikan sumbangan yang signifikan terhadap hasil servis atas bola voli masing-masing 41,7% dan 34,7% sedangkan panjang lengan memberikan sumbangan yang relatif kecil yaitu 6,9% dan tidak signifikan.

Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah secara bersama-sama kekuatan otot lengan, kecepatan lengan dan panjang lengan memberikan sumbangan yang besar terhadap hasil servis atas bola voli akan tetapi secara parsial hanya kekuatan otot lengan dan keceatan lengan saja yang memberikan sumbangan berarti terhadap hasil servis atas bola voli sedangkan panjang lengan sumbangannya relatif kecil. Saran yang dapat penulis ajukan berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah : 1) Bagi guru pendidikan jasmani dalam memberikan latihan servis atas kepada para peserta latihan hendaknya diimbangi dengan peningkatan kondisi fisik berupa kekuatan otot lengan dan kecepatan lengan secara terprogram dan terencana agar pelatihan yang dilakukan dapat berhasil guna dan dapat mengasilkan prestasi yang optimal, dan 2) Jika dalam latihan telah mencapai kekuatan otot cecara maksimal dapat dilanjutkan dengan latihan kelentukan pergelangan tangan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi