Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

29. Aplikasi Teorema Phytagoras Pada Lukisan Ruas


BAB I
PENDAHULUAN




A. Alasan Pemilihan Judul

Hakekat matematika bersifat deduktif aksiomatis, artinya untuk mempelajari matematika bertolak dari pengertian pangkal, pernyataan pangkal yaitu definisi yang disepakati, kemudian aksioma yaitu pernyataan yang diterima tanpa bukti. Pendekatan dari pengertian pangkal, pernyataan pangkal dan aksioma dapat memunculkan suatu teorema yang menjadi dasar dalam menemukan solusi satu masalah, kemudian muncul teorema-teorema yang lain.
Banyak cabang dalam ilmu matematika, salah satunya adalah bidang geometri. Adapun kegunaan ilmu geometri yaitu dalam rancang bangun, pengukuran suatu ketinggian, dan aplikasi yang lain.

Ada beberapa teorema yang mendasar dalam ilmu geometri, salah satunya adalah Teorema Pythagoras. Teorema ini ditemukan oleh seorang matematikawan yang bernama Pythagoras. Pythagoras lahir sekitar tahun 582 SM di pulau Samos, Yunani. Pythagoras menemukan sebuah rumus geometri sederhana tentang hubungan sisi dalam segitiga siku-siku. Rumus ini kemudian dikenal dengan nama Teorema Pythagoras. Dalam berbagai rancang bangunan tidak lepas dari Teorema Pythagoras, dalam ilmu fisika Teorema Pythagoras sangat membantu dalam mengukur tinggi sebuah gedung, dalam bidang matematika sendiri Teorema Pythagoras sangat membantu dalam membuat sebuah garis yang tidak dapat di ukur dengan sebuah penggaris.

B. Permasalahan

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah melalui Teorema Pythagoras dan sifat-sifat yang diturunkan dari Teorema Pythagoras dapat menjawab sebuah problem pengukuran ruas garis yang tidak mungkin dilakukan secara manual.

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1. Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dalam penelitian ini adalah membuktikan bahwa melalui Teorema Pythagoras dan sifat-sifat yang diturunkan dari Teorema Pythagoras dapat menjawab sebuah problem pengukuran ruas garis yang tidak mungkin dilakukan secara manual.
2. Manfaat
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
a. Bagi Mahasiswa
1) Dapat menambah wawasan kerja dalam bidang geometri, yang bisa dijadikan bekal atau langkah dalam menyelesaikan suatu masalah sehingga diharapkan mahasiswa mampu berfikir secara deduktif.
2) Dapat mengembangkan teori yang didapatkan dibangku kuliah.
3) Mengetahui apa saja aplikasi Teorema Pythagoras dalam kehidupan.
b. Bagi Pembaca
1) Memperoleh informasi yang berkaitan dengan kemajuan pengetahuan matematika dan keklasikan geometri serta teori-teori yang ada di lembaga pendidikan.
2) Masukan bagi pembaca dalam merencanakan dan melakukan rancangan bangun.
c. Bagi Universitas
Sebagai sarana untuk penelitian dan pengembangan, terutama yang berkaitan dengan tugasnya sebagai lembaga pendidikan.

D. Sistematika Skripsi

Penulisan skripsi ini secara garis besar dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian awal, bagian inti dan bagian akhir.
Bagian awal memuat halaman judul, abstrak, halaman pengesahan, halaman motto dan persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran.
Bagian inti terdiri dari lima bab, adapun kelima bab tersebut adalah sebagai berikut.
1. Bab I Pendahuluan
Pada bab pendahuluan ini berisi alasan pemilihan judul, permasalahan, tujuan dan manfaat penelitian, dan garis besar sistematika skripsi.
2. Bab II Landasan Teori
Landasan teori merupakan teori-teori yang mendasari pemecahan masalah yang disajikan.
3. Bab III Metode Penelitian
Bab ini meliputi empat hal, yaitu studi literatur dan studi kasus, analisis pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan.
4. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
Pada bab ini berisi pembahasan dari permasalahan yang disajikan yang terbagi menjadi dua sub bagian, yaitu hasil penelitian dan pembahasan.
5. Bab V Penutup
Pada bab ini memuat simpulan dan saran.
Bagian akhir skripsi ini berisi daftar pustaka dan lampiran-lampiran.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi