Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

30. Pengaruh Pengolahan Limbah Tekstil PT. Apac Inti Corpora (AIC) Terhadap Kualitas Air Sungai Bade Bawen


ABSTRAK




Limbah tekstil merupakan limbah cair dominan yang dihasilkan industri tekstil karena terjadi proses pewarnaan (Dyeing). PT. APAC INTI CORPORA (PT. AIC) yang dalam produksinya selain menghasilkan denim juga mengeluarkan limbah cair yang berpengaruh besar terhadap ekosistem perairan disekitar industri tersebut. Karena limbah yang dihasilkan dibuang langsung ke sungai setelah dilakukan pengolahan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengolahan limbah di WWT PT. AIC terhadap kualitas air sungai Bade, ditinjau dari aspek Fisika, Kimia dan Biologi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2005 sampai bulan Desember 2005 di sungai Bade, yang merupakan sungai buangan dari limbah industri tekstil. Contoh air diambil langsung dari sungai Bade dengan 3 stasiun pengamatan, yaitu stasiun I tepat pada Outlet WWT PT. AIC, stasiun II setelah Outlet sebelum jembatan sungai Bade, dan stasiun III setelah jembatan dari sungai Bade.

Hasil pengukuran menunjukkan bahwa kisaran suhu pada bulan Oktober 2005 rata-rata 32,3 0 C, bulan November 2005 28,6 0 C dan pada bulan Desember 2005 rata-rata 30,3 0 C. Nilai BOD rata-rata 8,6 ppm pada bulan Oktober 2005, bulan Novermber 2005 8,03 ppm dan bulan Desember 2005 rata-rata 9,6 ppm. COD pada bulan Oktober 2005 rata-rata 79,6 ppm bulan November 2005 rata-rata 72,3 ppm dan bulan Desember 2005 rata-rata 72,3 ppm. pH pada bulan Oktober 2005 7,51, bulan November 2005 pH 7,71 dan bulan Desember 2005 rata-rata 7,56. pengukuran warna pada bulan Oktober 2005 rata-rata 133 PtCo, 128,6 PtCo pada bulan November 2005, dan 178,8 PtCo pada bulan Desember 2005. pengukuran bau, umumnya di 3 stasiun ada bulan Oktober, November dan Desember 2005 perairan tidak berbau.

Berdasarkan hasil penelitian, setelah dibandingkan dengan peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. Kep – 51/ MENLH/ 10/ 1995, baik faktor Fisika maupun Kimia telah memenuhi baku mutu limbah cair industri tekstil, karena hasil pengukuran menunjukkan bahwa parameter fisika dan kimia memiliki nilai dibawah ambang baku mutu. Ini berarti pengolahan yang dilakukan oleh WWT PT. AIC telah sesuai dengan tangkah-langkah pengolahan limbah dan dapat menekan pencemaran sehingga limbah yang dibuang aman bagi lingkungan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi