Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

32. Statistik Kendali Mutu Pada Proses Pengukuran Brix Nira Mentah Di PT. Sumberharjo Pemalang Dengan Grafik Pengendali Rata-Rata ( X ) Bergerak Dan G


BAB I
PENDAHULUAN




A. Alasan Pemilihan Judul

Kemajuan peradaban manusia menyebabkan kegiatan di bidang industri dihadapkan pada tantangan yang berat, baik industri penghasil jasa maupun barang. Agar semua organisasi bisnis seperti perusahaan dapat berkembang, tumbuh, atau paling tidak bertahan hidup (survive), organisasi tersebut harus mampu menghasilkan produk (barang atau jasa) yang mutunya lebih baik, harga lebih murah, dan pelayanan lebih baik dari pesaingnya. Semua ini dilakukan dalam upaya memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.

Kebutuhan konsumen terhadap barang dan jasa bukan hanya dari segi kualitas tetapi kuantitas. Konsumen bersedia membayar dengan harga tinggi terhadap produk yang memberikan fungsi lebih baik dan tingkat penampilan yang lebih bagus. Karena tuntutan konsumen yang meningkat akan kualitas dan pengembangan teknologi produk baru, banyak teknik dan praktik jaminan kualitas perlu perubahan dan inovasi.

Kualitas secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu usaha memenuhi harapan konsumen. Jadi, konsumen memegang peranan penting apakah produk tersebut berkualitas atau tidak, akibatnya kualitas merupakan faktor utama dalam keberhasilan suatu produk di pasaran. Kontrol kualitas sangat diperlukan dalam memproduksi suatu barang untuk menjaga kestabilan mutu. Pada kontrol kualitas secara statistik, kualitas yang diinginkan adalah memenuhi permintaan konsumen.

Suatu karakteristik kualitas yang dapat diukur, seperti berat atau volume, dinamakan variabel. Rata-rata proses atau mean tingkat kualitas dapat dikendalikan dengan grafik pengendali untuk rata-rata, yang dinamakan grafik X . Variabilitas atau pemencaran proses dapat dikendalikan dengan grafik pengendali untuk rentang, yang dinamakn grafik R. Kontrol kualitas sama artinya dengan memberi jaminan kepada konsumen bahwa produk yang dihasilkan merupakan produk yang berkualitas baik dan layak dikonsumsi. Tujuan pokok statistik kendali mutu adalah menyidik dengan cepat sebab-sebab terduga atau pergeseran proses sehingga dapat segera dilakukan pembetulan sebelum terlalu banyak unit tidak sesuai untuk diproduksi. Grafik kendali adalah teknik pengendali proses pada jalur yang digunakan secara luas untuk ini.

Dalam menerapkan statistik kendali mutu akan diadakan penelitian di PTPN IX (PERSERO) PG. SUMBERHARJO PEMALANG yang memproduksi gula pasir. Penelitian dilakukan di PG. SUMBERHARJO Pemalang dalam proses pengukuran brix nira mentah untuk melihat perubahan pada harga rata-rata ( X ) maupun besarnya range (R) yaitu beda harga maksimum dan minimum dari setiap sampel yang akan diperiksa. Kesemuanya akan menunjukkan apakah suatu proses masih dalam batas terkendali atau tidak. Sehingga tidak akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. (Kusmadi, 2003:182)

Secara teori proses pembuatan gula pasir melalui lima tahapan yaitu: proses pemerahan/penggilingan tebu menjadi nira mentah, proses pemurnian nira mentah yang bertujuan untuk memisahkan sebanyak mungkin kotoran dalam nira tanpa merusak gula, proses penguapan yang bertujuan untuk menghilangkan sebagian besar air dalam nira, proses kristalisasi serta proses puteran dan penyelesaian.

Dari uraian diatas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ” Statistik Kendali Mutu Pada Proses Pengukuran Brix Nira Mentah di PG. SUMBERHARJO PEMALANG dengan Grafik Pengendali Rata-rata Bergerak ( X ) dan Grafik Pengendali Range Bergerak (R)”.

B. Batasan Masalah

Batasan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1. Ruang lingkup penelitian hanya dilakukan pada bagian pengolahan gula pasir di PG. SUMBERHARJO.
2. Penelitian ini dilakukan pada proses pengukuran brix nira mentah.
3. Analisis dilakukan berdasarkan data-data yang diperoleh pada waktu mengadakan penelitian.
4. Pengendalian mutu hanya dilakukan dengan analisa grafik kendali (grafik pengendali X dan R).

C. Permasalahan

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Berapakah batas kendali agar proses produksi tersebut dikategorikan benar-benar terkendali secara statistik?
2. Apakah variabilitas atau pemencaran pada proses pengukuran brix nira mentah terkendali secara statistik?
3. Apa penyebab dan bagaimana cara menaggulanginya jika proses produksi tidak terkendali secara statistik?

D. Tujuan

Berdasarkan rumusan permasalahan di atas penelitian ini bertujuan.
1. Untuk mengetahui variabilitas atau pemencaran pada proses pengukuran brix nira metah apakah terkendali atau tidak terkendali secara statistik.
2. Untuk mengetahui batas kendali dimana proses produksi tersebut benarbenar terkendali secara statistik.
3. Untuk mengetahui penyebab dan cara menanggulangi jika proses produksi tidak terkendali secara statistik.

E. Manfaat

Manfaat yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah :
1. Bagi peneliti
Penelitian yang dilakukan merupakan penerapan teori-teori yang telah diperoleh di bangku kuliah, mengasah ketajaman berpikir dalam analisis, serta menambah pengetahuan tentang penerapan Minitab 14 dalam dunia kerja.
2. Bagi perusahaan
Hasil penelitian diharapkan mampu memberi masukan sebagai dasar pertimbangan dalam mengambil keputusan terutama yang berkaitan dengan upaya pencapaian kualitas produk.

F. Sistematika Skripsi

Skripsi ini terdiri atas beberapa bagian yang masing-masing diuraikan sebagai berikut.
1. Bagian awal skripsi
Bagian awal skripsi berisi : halaman judul, abstrak, halaman pengesahan, halaman motto dan persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, dan daftar lampiran.
2. Bagin inti skripsi
Bagian inti merupakan bagian pokok dalam skripsi yang terdiri dari 5 bab, yaitu :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi alasan pemilihan judul, batasan masalah, permasalahan, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika skripsi
BAB II LANDASAN TEORI
Landasan teori berisi teori-teori yang mendukng dalam pelaksanaan penelitian
BAB III METODE PENELITIAN
Bab ini berisi langkah-langkah yang ditempuh untuk memecahkan masalah yang dijukan, yaitu metode pengumpulan data dan metode analisis data,
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi hasil-hasil penelitian dan pembahasannya.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi simpulan dan saran.
3. Bagian akhir skripsi
Bagian ini berisi daftar pustaka dan lampiran-lampiran.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi