Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

33. Isolasi Dan Karakterisasi Senyawa Alkaloid Yang Terkandung Dalam Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus)


BAB I
PENDAHULUAN




A. Latar Belakang

Jamur merupakan salah satu keunikan yang memperkaya keanekaragaman jenis makhluk hidup dalam dunia tumbuhan. Sifatnya yang tidak berklorofil menjadikannya tergantung kepada makhluk hidup lain, baik yang masih hidup ataupun yang sudah mati. Karena itu jamur memegang peranan penting dalam proses alam yaitu menjadi salah satu pengurai (dekomposer) unsur-unsur alam. Selain itu beberapa di antara jenis-jenis jamur yang ada telah dimanfaatkan oleh manusia baik sebagai bahan makanan ataupun bahan obat.

Tumbuhan jamur sudah lama dikenal sebagai bahan makanan. Dalam sejarah masyarakat Cina, pemanfaatan jamur sudah dimulai sejak ribuan tahun silam. Jamur-jamur yang sering dijadikan bahan makanan seperti jamur merang, jamur tiram, jamur kancing, jamur shiitake dan sebagainya. Bahkan bagi masyarakat Jepang selalu melengkapi menu hariannya dengan jamur. Tak hanya sedap, jamur juga memiliki kualitas gizi yang baik.

Dari hasil penelitian rata-rata jamur mengandung 14-15% protein, sedangkan beras 7,38% dan gandum 13,2%. Ini berarti jamur memiliki kadar protein yang lebih tinggi. Asam amino essensial yang terdapat dalam jamur kurang lebih ada 9 jenis dari 10 asam amino essensial yang telah dikenal yaitu arginin, histidin, isoleusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin. Istimewanya lagi, 72% lemaknya tidak jenuh. Jamur kaya akan berbagai jenis vitamin, antara lain vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin dan biotin. Selain elemen mikro seperti Cu, Zn dan lain-lain, jamur juga mengandung berbagai elemen makro, antara lain K, P, Ca, Na, dan Mg. Jamur juga terbukti ampuh untuk menghambat HIV-AIDS, kolesterol, gula darah dan juga kanker.

Jamur tiram adalah jenis jamur kayu yang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jamur kayu lainnya. Jamur tiram mengandung protein, lemak, fosfor, besi, thiamin dan riboflavin yang lebih tinggi dibandingkan jenis jamur lain. Jamur tiram mengandung 18 macam asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dan tidak mengandung kolesterol.

Macam asam amino yang terkandung dalam jamur tiram adalah alanin, arginin, asam aspartat, sistein, asam glutamat, glutamina, glisin, histidin, isoleusin, lisin, methionin, fenilalanin, prolin, serin, treonin, triptofan, tirosin, dan valin.

Jamur tiram juga memiliki sifat yang dapat menetralkan racun dan zatzat radio aktif dalam tanah. Manfaat jamur tiram yang lain di bidang kesehatan adalah untuk menghentikan pendarahan dan mempercepat pengeringan luka pada permukaan tubuh, mencegah penyakit diabetes mellitus dan penyempitan pembuluh darah, menurunkan kolesterol darah, menambah vitalitas dan daya tahan tubuh, serta mencegah penyakit tumor atau kanker, kelenjar gondok dan influenza, sekaligus memperlancar buang air besar (Djariyah dan Djariyah, 2001).

Namun, penelitian mengenai komponen-komponen senyawa kimia dalam jamur tiram masih sangat sedikit. Begitu juga penelitian tentang efek farmakologinya, sehingga sampai saat ini informasi mengenai komponen aktifnya masih belum jelas. Tidak seperti pada jamur shiitake (Lentinus edodes) yang mengandung lentinan, dan shizopyllan yang merupakan hasil ekstrak dari jamur ling zhi (Ganoderma lucidum) dan pada jamur maitake (Grifola frandosa) yang mengandung polisakarida beta 1,6 glukan, yang kesemuanya mempunyai efek farmakologi sebagai anti kanker (Anonim1), 2004; Anonim2), 2004; Utami, 2004).

Jamur-jamur ini telah banyak diteliti oleh para ilmuwan dan telah banyak mendapat pengakuan tentang manfaatnya. Mengingat hal-hal di atas, maka perlu dilakukannya penelitian mengenai komponen-komponen senyawa kimia yang terdapat dalam jamur tiram. Dalam penelitian ini akan diuji jenis senyawa alkaloid utama yang terkandung dalam jamur tiram putih.

B. Permasalahan

Berdasarkan uraian di atas pada latar belakang dapat dirumuskan permasalahan, yaitu jenis senyawa alkaloid apa yang terdapat dalam jamur tiram putih yang diisolasi dengan pelarut kloroform?

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis senyawa alkaloid yang terdapat dalam jamur tiram putih yang diisolasi dengan pelarut kloroform.

D. Manfaat Penelitian

Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah:
1. Memberikan tambahan pengetahuan tentang isolasi dan karakterisasi alkaloid dalam jamur.
2. Memberikan tambahan informasi mengenai kandungan senyawa alkaloid yang terdapat dalam jamur tiram putih.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi