Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

34. Penggunaan Algoritma Ant Colony System Dalam Traveling Salesman Problem (TSP) Pada PT. EKA JAYA MOTOR


BAB I
PENDAHULUAN


Pada bab ini akan dijelaskan tentang latar belakang yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir, permasalahan, tujuan dari penulisan, perumusan masalah, batasan masalah, serta sistematika penulisan Tugas Akhir sebagai syarat mendapatkan gelar Sarjana Strata 1 (S1).

1.1 Latar Belakang

Secara umum suatu gudang membutuhkan produk handling (basis operasi yang mengikutsertakan manusia dan mesin dalam pengoprasian gudang) yang sangat besar dan itu sangat membutuhkan waktu yang besar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh M. Shouman (2005) gudang ataupun distribution center pada suatu perusahaan memiliki tiga kategori utama dalam menangani produk handling yaitu pendesainan layout dari gudang dan alokasi produknya, order batching, serta order picking atau pemilihan rute pengambilan barang.

Dari ketiga kategori tersebut, pembenahan pada order picking atau rute pengambilan barang merupakan hal yang sangat mempengaruhi waktu pelayanan terhadap konsumen serta menghabiskan 65% dari total biaya operasi gudang (Petersen, 1999).

Strategi S-Shape merupakan salah satu strategi rute pengambilan barang dalam aktivitas order picking yang saat ini digunakan PT Eka Jaya Motor, dimana picker masuk dari ujung aisle yang satu dan keluar dari ujung yang lain pada aisle
yang sama. Strategi ini sangat mudah untuk digunakan namun sangat tidak efisien dalam mengurangi jarak tempuh dari aktivitas order picking tersebut.

Permasalahan rute pada aktivitas order picking dalam mengurangi jarak tempuh dapat dikategorikan sebagai Travelling Salesman Problem (TSP) dimana pada aktivitas tersebut picker harus menuju ke semua lokasi barang yang akan diambil dan kembali lagi ke lokasi awal dimana picker tersebut berangkat.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh M.Dorigo dan L. M Gambardella (1997) dalam penyelesaian kasus TSP, terbukti bahwa algoritma Ant Colony System (ACS) mampu mendapatkan hasil tur terbaik dibandingkan dengan algoritma genetik (GA), evolutionary programming (EP), simulated annealing (SA), dan annealing-genetic algorithm (AG).
Untuk itu penelitian tugas akhir ini menerapkan algoritma Ant Colony System sebagai sistem usulan dalam pemilihan rute untuk mendapatkan rute terpendek pada aktivitas order picking.

1.2 Perumusan Masalah

Sebuah perusahaan yang bekerja sebagai penyuplai komponen–komponen dalam perakitan mobil mendapat sedikit kendala dalam memenuhi permintaan konsumennya, salah satunya adalah proses pemindahan barang atau pengambilan barang (order picking) dari penyimpanan untuk dikirimkan kepada konsumen. Pada saat ini PT. Eka Jaya Motor dalam proses order picking menggunakan strategi S-Shape, yaitu dengan menyisir seluruh gudang penyimpanan untuk mengambil barang yang telah dipesan oleh konsumen, strategi ini dirasa kurang
efisien dan memakan banyak waktu, sehingga konsumen yang telah memesan tidak dapat dilayani dengan cepat.

Akan dibandingkan penyelesaian masalah TSP dalam proses order picking PT. Eka Jaya Motor yang menggunakan strategi S-Shape dengan Ant Colony System (ACS).

1.3 Tujuan

Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah pengaplikasian algoritma Ant Colony System dalam Traveling Salesman Problem (TSP) PT. Eka Jaya Motor.

1.4 Pembatasan Masalah

Pembatasan masalah dalam penulisan Tugas Sarjana ini hanya difokuskan pada aktivitas order picking di PT Eka Jaya Motor.

1.5 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan Tugas Sarjana ini adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang permsalahan, perumusan masalah yang ada, tujuan pemecahan masalah, batasan masalah dan sistematika penulisan. 4
BAB II TEORI PENUNJANG
Bab ini berisi dasar-dasar teori dan metode yang digunakan sebagai dasar dan alat untuk memecahkan masalah.
BAB III PEMBAHASAN
Berisi data-data yang akan digunakan dalam analisis atau perhitungan maupun data penunjang yang telah disiapkan atau diolah untuk pemecahan masalah serta desain dari program yang digunakan.
BAB IV PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan dari hasil pembahasan yang telah dilakukan, serta saran bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi