Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

35. Pengaruh Pemberian Merkuri Klorida Terhadap Struktur Mikroanatomi Hati Ikan Mas


ABSTRAK



Masalah pencemaran air mendapat perhatian yang besar dari pemerintah. Sejalan dengan meningkatnya industrialisasi, konsentrasi unsur logam berat di dalam perairan juga meningkat salah satunya adalah merkuri. Ikan mas mempunyai penyebaran yang cukup luas sehingga cukup peka terhadap pencemaran logam berat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian logam berat merkuri terhadap struktur mikroanatomi hati ikan mas.

Populasi dalam penelitian ini adalah ikan mas (Cyprinus carpio L.), sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah ikan mas sehat dengan panjang tubuh 10-13 cm, berumur sekitar 2 bulan dengan jumlah 90 ekor. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konsentrasi HgCl2 yang dikelompokkan menjadi tiga, yaitu kelompok A (0 ppm); kelompok B (0,02 ppm); dan kelompok C (0,08 ppm). Variabel tergantung dalam penelitian ini adalah struktur mikroanatomi hati ikan mas. Variabel rambang dalam penelitian ini yaitu kualitas air di tempat uji dan variabel kendali melilputi umur ikan dan panjang tubuh ikan. Gambaran mikroanatomi hati ikan diperoleh dengan pembuatan preparat, dengan metode parafin dan pewarnaan Hematoxylin eosin. Ikan mas didedahkan pada air uji yang telah dicampur HgCl2 yang sudah ditentukan konsentrasinya pada kelompok A, B dan C. Setiap perlakuan digunakan 30 ekor ikan dengan lama perlakuan 6 minggu dan setiap 2 minggu diambil 5 ekor untuk diambil organ hatinya.

Hasil penelitian meunjukkan efek toksik merkuri klorida terhadap ikan mas, yaitu dengan adanya kerusakan pada sel hati berupa pembengkakan sel dan kongesti, walaupun hanya pada konsentrasi 0,02 ppm.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil simpulan, merkuri klorida berpengaruh terhadap struktur mikroanatomi hati ikan mas yaitu dapat menyebabkan kerusakan berupa pembengkakn sel dan kongesti pada tingkat ringan sampai sedang.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi