Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

41. Kontrol Lampu Pada Gedung Bertingkat Berbasis Personal Computer (PC)


ABSTRAK




Kebutuhan energi listrik pada gedung-gedung, industri dan pabrik terus meningkat. Peningkatan ini bila tidak ditanggulangi akan mempengaruhi kebutuhan energi listrik nasional. Sementara pembangunan pembangkit listrik yang baru sebesar 1,2% per tahun, sedangkan kebutuhan listrik meningkat di atas 7 % per tahun. Kondisi ini harus di tanggapi secara seksama oleh pengelola gedung untuk menekan pemakaian energi listrik dengan melakukan program hemat energi.

Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem kontrol lampu pada gedung yang dapat menyalakan/memadamkan lampu melalui saklar di tiap-tiap ruangan dan melalui program pada PC. Dengan sistem ini, pengontrolan lampu dapat dilakukan dengan mudah, efektif dan efisien, sehingga dapat menghemat energi listrik. Hal ini sesuai dengan anjuran Al Qur’an surat Al-An’am ayat 141 dan surat Al-A’raaf ayat 31 untuk membiasakan hidup hemat dan dilarang berlebihlebihan dalam memanfaatkan energi.

Alat ini terdiri dari dua rancangan, yaitu rancangan mekanik dan rancangan elektronik. Rancangan mekanik terdiri dari miniatur ruangan, lampu yang dihubungkan dengan relay dan sensor Fotodioda, sedangkan rancangan elektronik terdiri dari LM311, shift register input, shift register output, ULN 2003 dan DB 25. Kemudian alat dihubungkan dengan PC melalui komunikasi parallel port. Sistem ini dikendalikan oleh program utama pada PC yang menggunakan Dhelpi 7.0.

Pengujian sensor dilakukan dengan mencari tegangan keluaran sensor ketika ada cahaya dan ketika tidak ada cahaya. Sedangkan pengujian alat keseluruhan dengan memberikan masukan (ditekan) pada tombol/tombol program kemudian dilihat output lampu, apakah sesuai dengan masukan atau tidak. Dari hasil pengujian keseluruhan sistem dapat disimpulkan bahwa kontrol lampu dengan menggunakan Dhelpi 7.0 mampu bekerja dengan baik yang menunjukkan output yang sama terhadap input yang diberikan. Jika lampu menyala, tombol pada tampilan program akan berwarna kuning dan jika lampu rusak (putus) atau belum terpasang tombol program akan berwarna merah.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi