Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

43. Pengaruh Komposisi Campuran Air Susu Sapi Dan Susu Kedelai Terhadap Jumlah N- total dan Jumlah Lemak Total Dalam Keju


BAB I
PENDAHULUAN




A. Alasan Pemilihan Judul

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, namun perlu dipahami bahwa makan untuk hidup dan bukan hidup untuk makan. Hal ini dimaksudkan agar dapat menjaga kelangsungan hidup secara normal manusia harus makan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak boleh kekurangan dan tidak boleh pula berlebihan.

Adanya perkembangan ilmu pengetahuan membuat masyarakat menjadi tahu dan pintar mengenai makanan seperti apa dan berapa yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Ada orang-orang tertentu yang selalu mengontrol makanan yang akan dikonsumsinya berkaitan dengan sakit yang dideritanya sehingga harus menghindari atau mengurangi makanan tertentu yang disebut sebagai diet, atau sekedar untuk menjaga berat badan. Orang yang melakukan diet-diet tertentu biasanya menghindari lemak dan menambah jumlah protein, oleh karena itu diperlukan pengembangan pangan yang berprotein tinggi namun diharapkan rendah lemak.

Program diversifikasi pangan sebagai salah satu usaha meningkatkan hidup dan gizi masyarakat mempunyai peranan yang amat penting. Pengertian pangan tidak harus selalu beras, bahan pangan yang non beras pun dapat diolah sedemikian rupa sehingga mampu mendukung usaha diversifikasi pangan. Bahan pangan yang baik untuk dikonsumsi adalah bahan pangan yang didalamnya mengandung unsur gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air.

Keju merupakan suatu bahan makanan yang telah dikenal sejak lama. Keju lebih banyak digunakan oleh orang-orang Eropa, Amerika dalam makanannya seperti yang kita kenal cheese burger, pizza dan makanan lain dengan tambahan keju. Di Indonesia penggunaan keju dalam suatu hidangan masih jarang, biasanya hanya sekedar pelengkap roti. Ini dikarenakan keju mulai dikenal di Indonesia pada masa penjajahan dan disamping itu harga keju yang relatif mahal.

Selama ini keju dibuat dari bahan dasar air susu sapi dan dengan bantuan bakteri menurut jenis kejunya, dengan demikian dapat diperkirakan bahwa keju mengandung protein yang tinggi juga lemak.

Kedelai merupakan bahan pangan dari jenis kacang-kacangan yang dapat digunakan sebagai sumber protein utama. Kedelai lebih banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dalam bentuk olahannya seperti tahu, tempe, kecap, susu kedelai bahkan yoghurt dari susu kedelai yang disebut soyghurt dan olahan lainnya. Banyak peneliti yang telah menguji kandungan gizi dalam kedelai baik bijinya maupun bentuk olahannya dan diperoleh hasil bahwa kedelai memiliki kandungan protein yang besar sekitar 40% selain itu juga mengandung zat-zat yang menyehatkan, misalnya zat anti kanker. Sebagai sumber protein kacang kedelai sangat berarti, terutama di negara yang pengkonsumsi protein hewaninya masih rendah.

Adanya perkembangan pengetahuan dan teknologi seperti sekarang, kedelai telah dibuat susu yang kaya protein. Susu kedelai ini telah dikenal masyarakat dan telah menjadi pilihan bagi mereka yang kurang menyukai susu hewani, juga untuk menghindari lemak. Susu ini baik dikonsumsi oleh mereka yang alergi air susu sapi, yaitu orang-orang yang tidak mempunyai atau kurang enzim laktase dalam saluran pencernaannya, sehingga tidak mampu mencerna laktosa dalam air susu sapi www.indomedia.com/intisari/. Selain itu jenis asam amino yang ada dalam air susu sapi dan susu kedelai berbeda, sehingga jika air susu sapi dan susu kedelai dicampurkan sebagi bahan dasar keju maka asam aminonya akan saling melengkapi.

Dengan latar belakang inilah maka penulis ingin meneliti kandungan protein dan kandungan lemak dalam keju yang dibuat dari campuran air susu sapi dan susu kedelai. Penelitian ini diharapkan dapat memberi hasil bahwa keju yang dibuat dari campuran air susu sapi dan susu kedelai memiliki jumlah N-total tinggi dan jumlah lemak totalnya akan lebih rendah.

B. Permasalahan

Dari latar belakang yang telah diuraikan, maka dapat dirumuskan permasalahan yang akan diteliti pada tugas akhir ini adalah :
1. Bagaimana komposisi campuran air susu sapi dan susu kedelai agar keju yang dihasilkan memiliki jumlah N-total tertinggi dan jumlah lemak total yang terendah.
2. Berapa jumlah N-total dan jumlah lemak total dalam keju yang terbuat dari campuran air susu sapi dan susu kedelai.

C. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Memperoleh keju dengan bahan dari campuran air susu sapi dan susu kedelai.
2. Menentukan jumlah N-total dan jumlah lemak total dalam keju dari campuran air susu sapi dan susu kedelai.

D. Manfaat Penelitian

Setelah melakukan penelitian ini, manfaat yang diharapkan adalah memberikan informasi kepada pembaca mengenai pembuatan keju dengan bahan campuran air susu sapi dan susu kedelai dan ada atau tidaknya pengaruh penambahan susu kedelai pada bahan baku keju terhadap jumlah N- total dan jumlah lemak total dalam keju.

E. Sistematika Tugas Akhir II

Untuk memberikan gambaran isi dari penelitian ini, maka garis besar sistematika tugas akhir II ini adalah sebagai berikut :
A. Bagian pendahuluan
Bagian ini terdiri dari halaman judul, halaman pengesahan, sari, halaman motto dan persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran.
B. Bagian isi
Bagian ini terdiri dari lima bab, yaitu :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang alasan pemilihan judul, permasalahan, tujuan dan manfaat penelitian, serta sistematika tugas akhir.
BAB II LANDASAN TEORI
Landasan teori berisi landasan teori yang digunakan dalam penelitian, yaitu tinjauan tentang air susu sapi, tinjauan tentang susu kedelai, tinjauan tentang keju, tinjauan tentang protein, tinjauan tentang lemak, tinjauan tentang penentuan jumlah N-total, biakan starter, sterilisasi dan analisis gravimetri.
BAB III METODE PENELITIAN
penelitian, variabel penelitian, metode pengumpulan data dan metode analisis data.
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini berisi mengenai hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Laboratorium Kimia FMIPA UNNES.
BAB V PENUTUP
Penutup berisi simpulan dan saran-saran.
C. Bagian Akhir
Bagian ini terdiri dari daftar pustaka dan lampiran-lampiran.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi