Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

49. Sistem Informasi Buku Via SMS Di Perpustakaan Fakultas Sainstek Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang


BAB I
PENDAHULUAN




1.1 Latar Belakang Masalah

Begitu pentingnya peran sebuah buku, maka di dalam Islam, misalnya, kewajiban membaca itu menjadi perhatian dan pertanda utama kerasulan Muhammad SAW. penghargaan terhadap keutamaan membaca ini seharusnya dibaca umat Islam sebagai sebuah kewajiban. Tetapi jika membaca sudah menjadi kewajiban, mengapa kita tak merasa berdosa ketika mengetahui minimnya minat membaca dikalangan umat islam. Harus diakui buku masih merupakan sumber dominan pengetahuan untuk ditimbun dan dipelajari selain media lainnya. Bukulah tempat seseorang dapat mengubah pandangannya tentang dunia dan dirinya sendiri.

Kesadaran akan pentingnya membaca sebagai jalan masuknya ilmu telah mendorong generasi terdahulu umat Islam untuk mendirikan fasilitas yang bisa menampung bahan bacaan karya-karya ulama Islam waktu itu. Perpustakaan dalam Islam telah berdiri pada zaman klasik, tepannya pada masa pemerintahan dinasti Umaiyah. Jenis perpustakaan pada masa ini adalah perpustakaan pribadi yang dimiliki oleh Khalid ibnu Yazaid, perpustakaan semi umum yaitu perpustakaan yang dimiliki oleh Khalifah, dan para pembesar,dan perpustakaan umum yaitu perpustakaan Mesjid.

Perpustakaan diartikan sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual. Perpustakaan adalah fasilitas atau tempat menyediakan sarana bahan bacaan. Tujuan dari perpustakaan sendiri, khususnya perpustakaan perguruan tinggi adalah memberikan layanan informasi untuk kegiatan belajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi (http://warintek08.wordpress.com/tes/)

Ada dua unsur utama dalam perpustakaan, yaitu buku dan ruangan. Namun, di zaman sekarang, koleksi sebuah perpustakaan tidak hanya terbatas berupa buku-buku, tetapi bisa berupa film, slide, atau lainnya, yang dapat diterima di perpustakaan sebagai sumber informasi. Kemudian semua sumber informasi itu diorganisir, disusun teratur, sehingga ketika kita membutuhkan suatu informasi, kita dengan mudah dapat menemukannya.

Memperhatikan keterangan di atas, perpustakaan merupakan suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dan dapat digunakan oleh pemakainya sebagai sumber informasi. Keberadaan dan perkembangan perpustakaan seringkali masih banyak menghadapi berbagai kendala yang tidak sederhana. Koleksi bahan pustaka secara sistematis dan mengelolanya menjadi permasalahan utama. Perkembangan ilmu pengetahuaan yang semakin cepat membuat jumlah buku atau referensi yang disimpan didalam perpustakaan semakin bertambah. Pembaca buku atau referensi di perpustakaan akan merasa kesulitan dan membutuhkan banyak waktu dalam mencari buku dan referensi mencari buku atau referensi. Tidak semua pembaca buku atau referensi perpustakaan mempunyai banyak waktu dan bisa datang ke perpustakaan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi mengakibatkan bukan saja perpustakaan yang berkembang dengan berbagai jenisnya, tetapi juga bagaimana cara yang paling cepat dan tepat memilih sumber informasi untuk dikoleksi, bagaimana caranya memberikan akses yang mudak cepat dan tepat serta bagaimana memberdayakan perpustakaan dalam rangka menarik minat masyarakat agar dengan mudah berkunjung ke perpustakaan dan memanfaatkannya secara optimal sesuai keperluaan.

Berdasarkan penjelasan diatas perlu dilakukan langkah praktis agar pencarian buku atau referensi di luar perpustakaan dapat dilakukan melalui fasilitas SMS (short message service). Fasilitas SMS ini sering digunakan karena handphone (HP) sudah biasa digunakan oleh banyak orang. Pembaca buku atau referensi perpustakaan tidak perlu lagi datang ke perpustakaan terlebih dahulu untuk mencari buku atau referensi tersebut. Pembaca buku atau referensi perpustakaan cukup dengan mengirim sms sudah dapat mengetahui keberadaan buku atau referensi yang dicari sehingga dapat menghemat waktu.

SMS merupakan fasilitas yang terdapat pada telepon seluler yang biayanya murah, misalkan salah satu operator dengan biaya Rp. 50 ke semua operator. Hampir setiap orang mengenal dan menggunakannya SMS. Sehingga dengan layanan ini diharapkan semua mahasiswa dapat mengakses informasi buku dari mana saja dan kapan saja.

Fasilitas SMS ini membutuhkan suatu program katalog buku perpustakaan agar dapat bekerja. Program utama aplikasi ini dibuat memakai program delphi. Delphi dalam hal ini sebagai program aplikasi untuk menampilkan rancangan tampilan aplikasi, membaca data pada data base, membaca sms yang ada di HP, serta mengirim sms yang ada di HP. Delphi memiliki kelebihan dibandingkan dengan program aplikasi yang lain, yaitu produktivitas. Kelebiha Produktifitas dari pengembangan perangkat lunak yang ada pada delphi salah satunya adalah kualitas dari lingkungan pengembangan visual dan kecepatan dari kompailer dibandingkan dengan kompleksitasnya lebih banyak.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang maka dirumuskan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana merancang suatu database yang berisi tentang informasi buku, baik berupa judul buku, nama pengarang dan kode buku.
2. Bagaimana merancang sistem komunikasi perangkat HP dengan database di perpustakaan.
3. Bagaimana membuat software yang dapat mendeteksi sms datang dan mengolahnya ke dalam database, baik menyimpannya, membandingkannya, dan mengirimkan informasi balasan.
4. Bagaimana menggunakan dan menjalankan sistem Informasi buku di perpustakaan sainstek via SMS.

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan Penelitian yaitu:
1. Untuk merancang suatu database yang berisi tentang informasi buku, baik berupa judul buku, nama pengarang dan kode buku.
2. Untuk merancang sistem komunikasi perangkat HP dengan database di perpustakaan.
3. Untuk membuat software yang dapat mendeteksi sms datang dan mengolahnya ke dalam database, baik menyimpannya, membandingkannya, dan mengirimkan informasi balasan.
4. Untuk menggunakan dan menjalankan sistem Informasi buku di perpustakaan sainstek via SMS.

1.4 Manfaat Penelitian

Manfaat Penelitian yaitu:
1 Memberikan kemudahannya dalam hal mendapatkan informasi katalog buku perpustakaan.
2 Dapat digunakan sebagai sarana mempercepat informasi buku di perpustakaan sainstek Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
3 Sistem informasi buku via sms dapat dapat dijadikan sebagai salah satu model manajemen informasi buku perpustakaan di tempat lain.

1.5 Batasan masalah

Batasan Masalah sebagai berikut:
1. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini terbatas pada informasi buku tentang judul buku, nama pengarang dan kode buku.
2. Tidak membahas jenis HP yang digunakan dalam penelitiaan.
3. Tidak membahas PC secara keseluruhan.
4. Pengecekan pulsa dilakukan secara manual.
5. Pada pembuatan sistem informasi buku perpustakaan ini hanya menggunakan satu jenis operator seluler.
6. Regristasi anggota perpustakaan dilakukan dengan cara mengisi data secara manual.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi