Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

55. Minat Siswa Terhadap Olahraga Bola Voli Di SMP N I Larangan Kabupaten Brebes


ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa terhadap olahraga bola voli dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap olahraga bola voli di SMP N 1 Larangan kabupaten Brebes.

Metode yang digunakan yaitu metode survey dan data yang digunakan menggunakan angket atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMP N I Larangan kelas I. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SMP N I Larangan dengan jumlah 120 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner. Dalam instrumen tersebut terdapat tiga variabel yang diteliti yaitu: 1). Ketertarikan; 2). Perhatian; dan 3). Kebutuhan. Sebelum angket atau kuesioner disebarkan ke siswa angket atau kuesioner tersebut telah diuji cobakan terlebih dahulu ke siswa kelas I khususnya kelas Ia SMP N I Larangan. Tujuan utama dari uji coba tersebut yaitu untuk mengetahui validitas dan reliabilitas dari angket tersebut. Dari ke-35 soal yang diuji cobakan 30 soal dinyatakan valid dan semua soal dinyatakan reliabel.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa minat siswa SMP N I Larangan terhadap olahraga bola voli sebagai berikut: 1). Minat atas dasar ketertarikan dengan prosentase 81.49% (rasa senang 90.83%, keingintahuan 78.49%); 2). Minat atas dasar perhatian dengan prosentase 70.69% (pemahaman 70.83%, perangsangan 70.28%); 3). Minat atas dasar kebutuhan dengan prosentase 70.52% (keinginan akan sesuatu 73.89%, fasilitas 73.61%, keinginan mengerjakan sesuatu 71.57%, fisiologi 60.28%); dan rata-rata minat mencapai 73.53%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa olahraga bola voli sebagai salah satu cabang olahraga permainan yang diminati.

Sesuai dengan hasil yang diperoleh penulis menganjurkan untuk pelatih atau guru olahraga untuk memperhatikan faktor ketertarikan, perhatian dan kebutuhan terhadap olahraga bola voli karena faktor tersebut memberi sumbangan yang besar terhadap minat siswa SMP N I Larangan pada olahraga bola voli agar siswa termotivasi untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli yang akan diadakan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi