Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

63. Perbedaan Latihan Menggunakan Teknik Ritme Two Beats Stroke Dengan Ritme Four Beats Stroke Terhadap Kecepatan Renang Gaya Crawl Pada Mahasiswa IKO


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Alasan Pemilihan Judul

Olahraga adalah gerak manusia yang dilakukan secara sadar, dengan cara-cara efektif yang berkaitan dengan usaha-usaha untuk memelihara serta meningkatkan kualitas manusia, dengan memandang manusia sebagai salah satu kesatuan psiko fisik yang komplek. Menurut M. Sajoto, (1990 : 232) renang merupakan olahraga yang sudah ada sejak dulu, yang bertujuan untuk membela diri dalam menghadapi tantangan-tantangan alam seperti banjir atau meluapnya air sungai, tetapi dengan kemajuan jaman dan peradapan manusia sekarang renang juga mempunyai tujuan yang bermacam-macam antara lain untuk olahraga pendidikan, olahraga rehabilitasi, dan olahraga prestasi.

Renang sebagai olahraga pendidikan merupakan salah satu cabang olahraga yang digunakan sebagai sarana pendidikan dan diajarkan kepada Mahasiswa. Secara umum dapat disebutkan beberapa arti renang sebagai olahraga pendidikan adalah untuk mendidik anak supaya percaya pada diri sendiri, memiliki rasa sosial dan perikemanusiaan, sifat suka kerja sama, nilai keindahan.

Badan dunia yang menangani masalah renang terbentuk pada tahun 1905, dengan nama Federation Internationale de Natation Amature (FINA). Di Indonesia renang sudah ada sejak lama sebelum kemerdekaan sudah banyak kolam renang di Indonesia, namun hanya untuk kalangan penjajah dan penguasa. Pada tanggal 21 Maret 1951 terbentuk Persatuan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI), kemudian tahun 1959 berubah menjadi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). PRSI pada masa sekarang tidak hanya mengurusi masalah renang saja tetapi juga loncat indah, renang indah dan polo air.

Pada dasarnya renang dapat dimanfaatkan untuk tujuan rekreasi, untuk kesehatan dan prestasi. Renang juga merupakan cabang olahraga yang diperlombakan baik ditingkat daerah, nasional maupun internasional. Hal ini didukung adanya kenyataan bahwa renang telah memperlihatkan prestasi-prestasi yang membanggakan, seperti pada perlombaan Pekan Olahraga Nasional, Pekan Olahraga Pelajar Nasional, Olimpiade ataupun perlombaan-perlombaan renang lainnya. Dalam tingkat Nasional maupun Internasional yang lazim diperlombakan ada empat jenis gaya, yakni gaya bebas atau crawl (the crawl stroke), gaya dada (the breast stroke), gaya punggung (the back stroke), dan gaya kupu-kupu (the butterfly stroke).

Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang memasyarakat, tidak terbatas pada usia remaja saja tetapi juga anak-anak, orang tua, baik pria maupun wanita (Sukintaka, 1987:72). Olahraga renang adalah olahraga yang komplek. Dalam gerakan ranang harus selalu menggerakkan seluruh tubuh kita terutama kepala, tangan dan kaki. Gerakan renang dilakukan dengan koordinasi gerakan antara anggota tubuh harus optimal agar mencapai hasil yang optimal pula. Gerakan yang dihasilkan harus efektif dan efisien, yaitu gerakan renang gaya bebas atau gaya crawl baik gerakan kaki, gerakan tangan dan posisi tubuh serta waktu antara kaki dan tangan, juga cara mengambil nafas untuk mendapatkan hambatan dari air yang sekecil-kecilnya.

Mengingat betapa pentingnya tujuan renang maka semakin lama renang bukannya hilang dari peredaran manusia, bahkan terjadi sebaliknya renang merebut perhatian masyarakat. Jadi renang merupakan cabang olahraga yang digemari masyarakat di Indonesia. Renang mempunyai prinsip praktis yaitu dapat dilakukan siapa saja (Sukintaka, 1983:72). Pada umumnya olahraga renang tidak terlalu sukar dan tidak terlalu memerlukan banyak biaya.

Olahraga renang juga mengandung beberapa macam unsur gerakan dalam air, oleh para ahli kesehatan digunakan juga sebagai olahraga rehabilitasi bagi para penderita cacat tubuh dengan istilah hydrotherapy. Dengan rangsangan gerak di air mengandung maksud sebagai perangsang untuk otot dan syaraf penderita agar menjadi normal atau sembuh.

Adapun urutan dalam belajar renang gaya crawl yang paling baik adalah sebagai berikut : 1. Posisi Tubuh (Body Position), 2. Gerakan Kaki (Kicking), 3. Pernafasan (Breathing), 4. Koordinasi Kaki-Nafas (Kick-Breath-Coordination), 5. Rotasi Tangan (Hand Rotation), 6. Koordinasi Nafas-Tangan (Hand-Breath Coordination), 7. Renang Lengkap (Koordinasi Kaki-Nafas-Tangan), dan
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi