Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

100. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Rumus Keliling Dan Luas Persegi Empat Serta Rumus Keliling Dan Luas Segi Tiga


ABSTRAK


Penelitian tindakan kelas ini berjudul “meningkatkan hasil belajar pokok bahasan konsep rumus keliling dan luas persegi empat serta rumus keliling dan luas persegi empat serta rumus keliling luas segitiga siswa kelas IV SD N muktiharjo kidul 04 kecamatan pedurungan” siswa cenderung menurun motivasi dan semangat belajar sehingga hasil belajarnya tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu peneliti memberikan alternative metode pembelajaran yang dapat membantu dan membangkitkan minat belajar siswa pada pokok bahasan konsep rumus keliling dan luas persegi empat serta rumus keliling dan luas segitiga.

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Muktiharjo kidul 04 dengan pokok bahasan konsep rumus keliling dan luas persegi empat serta rumus keliling dan luas segitiga. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD negeri muktiharjo kidul 04 kecamatan pedurungan tahu pelajaran 2005/2006. metode pengumpulan melalui penilaian kerja, observasi, portfolio dengan indicator keberhasilan sekurangkurangnya 80% seluruh siswa memperoleh nilai minimal 7. penelitian ini ditempuh melalui dua siklus, tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahapan ini tindakan kelas dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah dibuat. Siklus satu dilaksanakan untuk memberikan rangsang semangat dan minat belajar siswa dalam penyelesaian materi pada pokok bahasa rumus keliling dan luas persegi empat serta rumus keliling luas segi tiga, melalui penjelasan yang sudah terencana, pembagian kelompok, pembuatan alat peraga dan disetiap siklus akan diakhiri dengan pemberian tes.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus satu banyak siswa kurang berminat dalam mengerjakan soal rumus keliling dan luas persegi empat dan rumus keliling dan luas segitiga, masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam menentukan hasil akhir. Hasil pada siklus satu menunjukan ratarata nilai siswa adalah 64,5 dari 36 siswa yang mengikuti tes, 12 siswa mendapat nilai ≤ 65 dan 24 siswamendapat nilai < 65 artinya ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 36,2% berada di bawah 80% ketuntasan klasikal minimum dengan demikian siklus satu perlu diulang.

Kemudian dilanjutkan dengan siklus kedua, adapun hasil pada siklus II bahwa rata-rata nilai siswa 73,2 dari 36 siswa yang mengikuti tes dari 36 siswa yang mendapat niali diatas 73,2 30 siswa dan yang mendapat nilau kurang dari 65 sejumlah 6 siswa berarti ketuntasan belajar klasikal siswa sudah memenuhi indicator keberhasilan.

Simpulan dari penelitian adalah dengan penerapan strategi pembelajaran dengan metode CTL pada konsep rumus keliling dan luas persegi empat serta rumus keliling dan luas segi tiga pada siswa kelas 4 SD negeri muktiharjo kidul 04 kecamatan pedurungan tahun pelajaran 2005/2006 dapat ditingkatkan. Saran dalam penelitian ini untuk motivasi dan keaktifan belajar siswa perlu adanya strategi pembelajaran yang sesuai, sehingga proses kegiatan belajarmengajar akan lebih variasi dan tidak monoton.

Perlu ada penelitian lebih lanjut tentang strategi pembelajaran dengan menggunakan metode pendekatan CTL pada pokok bahasan yang lain sehingga dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi