Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

108. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Kesebangunan Menggunakan Pendekatan Kerja Kelompok Bagi Siswa Kelas Ix A Semester 1 Smp 2 Jati


ABSTRAK



Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah sampai saat ini banyak anggapan siswa bahwa mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap tidak mudah dimengerti dan sukar dipahami. Banyak siswa yang tidak tertarik dan tidak berminat belajar matematika. Untuk itu perlu usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada matematika materi pokok kesebangunan menggunakan pendekatan kerja kelompok siswa kelas IX A semester 1 tahun pelajaran 2006/2007.

Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP 2 Jati Kudus yang terdiri dari 44 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari hasil tes pada setiap siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi guru. Sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran diambil dari lembar observasi siswa.

Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh jumlah siswa yang mendapat nilai 65 pada siklus I ada 32 siswa dengan persentase 72,7% dan pada siklus II ada 36 siswa dengan persentase 81,8%. Sedangkan hasil observasi keaktifan siswa dengan rata-rata skor pada siklus I sebesar 70 dan pada siklus II diperoleh 86,9. Hasil pengamatan untuk guru pada siklus I skor rata-rata 83,15 dan 88,95 pada siklus II.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan kerja kelompok pada kegiatan belajar mengajar matematika materi pokok Kesebangunan siswa kelas IX A SMP 2 Jati Kudus Tahun Pelajaran 2006/2007 dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes siswa ratarata nilainya cukup baik. Agar dapat mencapai hasil yang optimal dalam pencapaian tujuan pembelajaran, guru harus mempertimbangkan kemampuan peserta didik dan fasilitas belajar apa yang diperlukan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi