Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

137. Meningkatkan Pemahaman Konsep Satuan Pengukuran Panjang, Luas Dan Volum Melalui Permainan Pada Siswa Kelas Iii Smp Nusantara Tuntang


ABSTRAK



Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan kemampuan pemahaman konsep satuan pengukuran panjang, luas, volum bangun ruang pada siswa kelas III SMP Nusantara Tuntang, Kabupaten Semarang, melalui metode permainan. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dasar guru dalam pembelajaran yang meliputi aspek keterampilan membuka pelajaran, keterampilan menggunakan metode pembelajaran, keterampilan menggunakan teknik bertanya, keterampilan mengelola kelas dan keterampilan menutup pelajaran.

Penelitian dilaksanakan di kelas III SMP Nusantara Tuntang, Kabupaten Semarang dengan materi pembelajarannya adalah satuan pengukuran panjang, luas dan volum pada semester I tahun 2005/2006. Guru matematika dan siswa kelas III SMP Nusantara Tuntang sebagai subyek penelitian. Sedangkan guru matematika yang mengajar di kelas I bertugas sebagai pengamat. Penelitian ini menggunakan 3 siklus. Penelitian diawali dengan menyusun rencana tindakan, mempersiapkan alat bantu permainan dan instrumen penelitian lainnya. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran disajikan dalam bentuk hasil diskusi dengan pengamat, sedang keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran dilaksanakan melalui tes kelompok dan individu. Hasil refleksi setiap siklus digunakan sebagai dasar perencanaan tindakan siklus berikutnya.

Melalui diskusi antara penulis dan pengamat dihasilkan beberapa pemecahan masalah berkaitan dengan cara penyajian guru dan pemahaman siswa dalam mengikuti pelajaran dengan metode permainan. Secara umum penelitian ini berdampak positif terhadap pemahaman konsep satuan pengukuran panjang, luas dan volum pada siswa SMP Nusantara Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terlihat pada daya serap rata-rata siswa 88,78%, ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 97,56% > 85% dan kemampuan mengajar guru termasuk baik dengan skor 3,11.

Penulis menyarankan kepada rekan sejawat agar guru matematika dapat melatih diri dalam penerapan Action Research di sekolah tempat bertugas secara berkelanjutan dan berkesinambungan untuk peningkatan mutu pendidikan. Selain itu guru aktif menghimpun berbagai pengalaman yang pernah ditemui dan mencatatnya untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa.

Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil simpulan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas siswa khususnya pada materi pokok lingkaran untuk kelas VIIIA semester II di SMP Negeri 10 Tegal. Disarankan guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan model STAD karena dapat melatih siswa untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam berpikir dan bekerja sama dalam tim.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi