Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

139. Pengaruh Hasil Latihan Pukulan Forehand Volley Sasaran Tetap Dan Sasaran Berpindah Terhadap Kemampuan Forehand Volley


ABSTRAK


Permasalahan penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh latihan pukulan forehand volley antara sasaran tetap dan berpindah terhadap kemampuan forehand volley dan 2) manakah yang lebih baik antara latihan forehand volley dengan sasaran tetap dan berpindah terhadap kemampuan forehand volley pada petenis putra klub tenis Prabajaya Pekalongan tahun 2005. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan latihan antara sasaran tetap dan berpindah dan yang lebih baik antara latihan forehand volley dengan sasaran tetap dan berpindah terhadap kemampuan forehand volley pada petenis putra klub tenis Prabajaya Pekalongan tahun 2005.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pola matching by subject (MS). Populasi penelitian adalah petenis putra klub tenis Prabajaya Pekalongan tahun 2005 berjumlah 23 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu cara undian dipilih 20 orang anak untuk dijadikan sampel penelitian. Kemudian dilakukan tes awal forehand volley, hasil dari tes awal tersebut dirangking dari hasil tertinggi sampai terendah kemudian dimatching (pasangkan) dengan menggunakan rumus a b b a dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah latihan sasaran tetap dan latihan sasaran berpindah, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan forehand volley. Perlakuan dalam penelitian ini adalah latihan pukulan forehand volley dengan menggunakan sasaran berpindah untuk kelompok eksperimen 2 dan sasaran tetap untuk kelompok eksperimen 1. Teknik analisa data yang digunakan adalah t-test.

Hasil tes akhir dari dua kelompok dianalisa dengan statistik rumus t test, berdasarkan taraf signifikan 5 % dan db 9 diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,714 > 2,263, berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil latihan pukulan forehand volley dengan sasaran tetap dan berpindah terhadap kemampuan forehand volley pada petenis putra klub tenis Prabajaya Pekalongan tahun 2005. Kemudian dari uji beda mean diperoleh MXe > MXk, untuk kelompok eksperimen l 29,60 sedang kelompok eksperimen ll 28,40. Dengan demikian mean kelompok eksperimen lebih besar dari mean kelompok kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa latihan pukulan forehand volley dengan menggunakan sasaran tetap lebih efektif daripada sasaran berpindah.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut hendaknya dalam mengajar atau melatih pukulan forehand volley dalam olahraga tenis lapangan lebih diutamakan menggunakan latihan sasaran tetap daripada sasaran berpindah karena dengan latihan sasaran tetap dapat memberikan hasil kemampuan forehand volley yang lebih baik.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi