Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

14. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Dengan Pendekatan Kontekstual


ABSTRAK



Dari hasil observasi awal dapat diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas IV SDN Proyonanggan 15 Batang belum optimal. Pembelajaran masih berpusat pada guru, respon siswa terhadap pembelajaran rendah. Selama proses pembelajaran partisipasi siswa hanya mencatat dan mendengarkan penjelasan guru. Keaktifan siswa yang rendah berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah terutama pada materi Bagian-bagian Tumbuhan. Hal ini disebabkan karena guru belum menemukan metode dan pendekatan yang tepat. Guru lebih sering menggunakan ceramah dan kurang memberikan contoh nyata pada siswa. Akibatnya siswa pasif dalam pembelajaran dan suasana pembelajaran menjadi membosankan.

Salah satu upaya untuk memecahkan masalah di atas yaitu dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Dalam pembelajaran kontekstual, siswa mengalami sendiri apa yang dipelajarinya melalui pengamatan dan kerja kelompok sehingga diharapkan peran aktif dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Oleh karena itu penelitian ini terfokus pada perbaikan proses belajar siswa pada materi Bagian-bagian Tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN Proyonanggan 15 Batang tahun ajaran 2005/2006 dengann jumlah siswa 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu (1) Perencanaan (Planning) ; (2) Pelaksanaan (Acting) ; (3) Pengamatan (Observing) ; (4) Refleksi (Reflecting).

Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi keaktifan maupun hasil belajar siswa. Data tentanag keaktifan siswa pada siklus I sebesar 64,27%, pada siklus II meningkat menjadi 70,83% dan pada siklus III mencapai 80,63%. Data tentang hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 56 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 25%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa 69 dengan ketuntasan belajar sebesar 70%. Pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 76 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 90%.

Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah agar pembelajaran kontekstual dapatn diterapkan pada konsep yang lain.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi