Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

140. Keefektifan Meditasi Untuk Mengurangi Tingkat Stres Kerja Pada Pegawai Negeri Sipil (Pns) Di Lingkungan Kerja Sekretariat Daerah (Setda)


ABSTRAK


Stres yang muncul di lingkungan pekerjaan disebut dengan stres kerja. Kondisi ini dapat muncul setelah individu mengalami peristiwa di tempat kerja yang menuntut reaksi penyesuaian diri. Stres kerja dapat dialami oleh siapa pun baik pegawai di perusahaan maupun pegawai negeri. Berdasarkan studi pendahuluan pada dua puluh PNS di lingkungan kerja Setda Kabupaten Sragen, sebesar 60% responden memiliki potensi mengalami stres kerja. Stres kerja merupakan masalah psikologis yang perlu untuk segera diatasi. Melalui kegiatan pelatihan meditasi diharapkan tingkat stres kerja yang dialami para PNS menjadi berkurang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi stres kerja PNS dan keefektifan meditasi untuk mengurangi tingkat stres kerja. Subjek penelitian ini adalah 30 PNS yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen yaitu eksperimen kuasi (quasi eksperimental) dengan desain eksperimen ulang (pretest-posttest control group design). Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah anggota masing-masing kelompok lima belas subjek. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala stres kerja Symptom Check List 90 (SCL 90) dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,980 dan dari 90 aitem didapatkan 83 aitem yang valid. Analisis data menggunakan teknik uji non parametrik Mann-Withney dengan bantuan komputer program (SPSS) versi 12 for windows.

Hasil analisis data yang diperoleh dengan menggunakan uji Mann-Withney diperoleh hasil bahwa ada perbedaan tingkat stres kerja yang signifikan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan meditasi sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada perbedaan tingkat stres kerja. Deskripsi stres kerja yang dialami oleh para PNS cenderung pada gejala fisiologis/badan.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa meditasi efektif untuk mengurangi tingkat stres kerja. Oleh karena itu saran yang diberikan supaya kegiatan meditasi ini terus diadakan dengan menambah kegiatan lain sebagai upaya peningkatan kesehatan para PNS baik secara fisik maupun psikologis.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi