Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

140. Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Penyelesaian Soal Cerita Pokok Bahasan Pecahan Sebagai Perbandingan


ABSTRAK



Banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menterjemahkan soal cerita ke bentuk matematika serta rendahnya prestasi belajar matematika melatar belakangi perlunya diadakan penelitian tindakan kelas di SD Negeri Cepoko 01 Semarang tentang Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI Semester II Tahun Pelajaran 2004 / 2005. Pokok Bahasan Pecahan Sebagai Perbandingan Dalam Bentuk Soal Cerita Dengan Pendekatan Keterampilan Proses. Adapun permasahan yang timbul dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan hasil belajar matematika tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika terutama dalam menyelesaian soal cerita pada pokok bahasan pecahan sebagai perbandingan.

Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah Metode Test dan Metode Observasi. Sedangkan rancangan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus yang masing-masing terdiri dari beberapa tahap, yaitu Perencanaan, pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Tindakan siklus I dilaksanakan pada tanggal 3
sampai 7 Maret 2005 dan Siklus II dilaksanakan tanggal 17 sampai 21 Maret 2005. Kriteria keberhasilan dan penelitian ditandai dengan nilai ketuntasan belajar individu minimal 60% dan klasikal minimal 75%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan keterampilan proses yang dalam pelaksanaannya dibantu dengan alat peraga jika diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan kesiapan intelektual anak dalam belajar dapat membawa hasil yang diharapkan (dalam hal ini berhasil mencapai presentase ketuntasan 92%).

Setelah mengetahui hasil ini, maka peneliti berharap kepada para pembaca khususnya rekan-rekan guru untuk senantiasa melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan penekanan pada belajar melalui berbuat, dan menerapkan cara belajar yang lebih kooperatif dan interaktif dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi