Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

160. Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa


ABSTRAK



Matematika sekolah lanjutan merupakan matematika yang didalamnya melibatkan bagaimana belajar matematika dan bagaimana mengajarkan matematika, sehingga matematika dalam hal ini bukan lagi dipandang sebagai “ilmu pengetahuan yang ketat”. Melainkan sudah mempertimbangkan bahwa matematika adalah “aktivitas kehidupan manusia”. Salah satu langkah awal yang perlu dipersiapkan dalam usaha mensukseskan pembelajaran adalah menentukan metode yang tepat yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa. Model creative problem solving (CPS) adalah suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Ketika dihadapkan dengan suatu pertanyaan, siswa dapat melakukan keterampilan memecahkan masalah untuk memilih dan mengembangkan tanggapannya.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah model pembelajaran CPS lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional? dan 2) Bagaimana profil potensi kreatif siswa dalam pembelajaran CPS?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui sejauhmana keefektifan model pembelajaran CPS dalam pembelajaran SPL dan Kuadrat di kelas X Semester 1 dan 2) mengetahui bagaimana profil potensi kreatif siswa dalam model pembelajaran CPS.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Semester 1 SMA N 14 Semarang tahun pelajaran 2005/2006. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling yaitu dengan cara undian, sehingga diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol. Kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dalam hal kemampuan belajar tidak ada perbedaan signifikan, selanjutnya kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diberi perlakuan yang berbeda selama jangka waktu teretentu. Kelompok kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional sedangkan kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran CPS.

Dari hasil analisis data dengan taraf signifikan a = 5 % diperoleh thitung = 2,546 dan ttabel = 1,67, maka dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, profil potensi kreatif siswa kelas X-1 SMA Negeri 14 Semarang cenderung memiliki tipe inovatif dengan persentase 69,44%, tipe intuitif 22,22%, tipe imajinatif 2,78% dan tipe inspiratif 5,56%.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka disimpulkan bahwa hasil belajar matematika pada pokok bahasan SPLK dengan model pembelajaran CPS lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional dan dengan pembelajaran CPS, terdapat 69,44 % siswa menggunakan kecerdasan kreatif tipe inovatif, yang berarti siswa berkonsentrasi pada masalah dan data, serta sangat sistematis. Mereka bersedia bekerja keras dan gigih dalam mengerjakan latihan-latihan dengan cermat dan teliti. Saran yang peneliti berikan adalah sebagai berikut guru hendaknya menggunakan model pembelajaran CPS dalam mengajarkan pokok bahasan sistem persamaan linear dan kuadrat (SPLK) maupun materi yang lain dalam pembelajaran matematika.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi